Usulan pemasaran media sosial untuk meningkatkan niat beli pada usaha makanan daring Miwa

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.author Putri, Alifia Diandra
dc.date.accessioned 2020-01-29T04:33:25Z
dc.date.available 2020-01-29T04:33:25Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38653
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9918
dc.description 4905 - FTI en_US
dc.description.abstract Saat ini, pemasaran media sosial menjadi salah satu peluang bagi pelaku bisnis untuk memasarkan produknya secara digital. Miwa merupakan salah satu usaha makanan daring di Kota Bandung yang memanfaatkan pemasaran media sosial untuk memasarkan produknya. Saat ini Miwa masih memiliki kesulitan untuk memenuhi target penjualan yang sudah ditentukan. Berdasarkan wawancara dengan pemilik usaha, hal tersebut diduga terjadi karena rendahnya niat beli konsumen. Rendahnya niat beli konsumen terbukti berdasarkan penjualan yang hanya berhasil mengambil paling banyak 7% dari seluruh pengunjung akun Instagram Miwa. Kemudian berdasarkan wawancara dengan beberapa responden serta studi literatur yang dilakukan, terdapat beberapa faktor yang masih dapat ditingkatkan untuk memengaruhi peningkatan niat beli. Penelitian ini diawali dengan melakukan penentuan variabel serta indikator yang dapat memengaruhi niat beli. Terdapat empat variabel yang digunakan yaitu e-wom, attitude towards social media advertising, peer communication, dan consumer engagement. Kemudian dilakukan pengumpulan data yang dimulai dengan perancangan kuesioner dan dilanjutkan dengan penyebaran kuesioner. Setelah data terkumpul dilakukan pengujian model penelitian dengan menggunakan Structural Equation Modeling dengan metode Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil evaluasi pengujian model pengukuran memberikan hasil bahwa model pengukuran telah valid dan reliabel. Hasil evaluasi model struktural menunjukkan bahwa berdasarkan analisis jalur terdapat tiga variabel yang berpengaruh signifikan terhadap niat beli yaitu e-wom, attitude towards social media advertising, dan consumer engagement. Sementara pada analisis pengaruh total, diperoleh hasil bahwa seluruh variabel berpengaruh signifikan terhadap niat beli. Berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhi niat beli, terdapat 14 usulan peningkatan niat beli yang dapat diterima oleh pemilik Miwa untuk diterapkan yang meliputi konten pemasaran, program promosi, dan iklan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan pemasaran media sosial untuk meningkatkan niat beli pada usaha makanan daring Miwa en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015610019
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417107601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account