Kerjasama kedutaan besar Republik Indonesia di Singapura dan Bank Negara Indonesia dalam menangani permasalahan remitansi Tenaga Kerja Indonesia di Singapura

Show simple item record

dc.contributor.advisor Apresian, Stanislaus Risadi
dc.contributor.author Marlen, Fajrina Nadira
dc.date.accessioned 2019-12-10T03:35:28Z
dc.date.available 2019-12-10T03:35:28Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38573
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9862
dc.description 8943 - FISIP
dc.description.abstract Remitansi merupakan layanan jasa pengiriman uang yang dilakukan oleh pengirim dari luar negeri ke Indonesia maupun sebaliknya. Penelitian ini didasari oleh terjadinya masalah dalam pengiriman uang yang dirasakan oleh para Tenaga Kerja Indonesia di Singapura. Di Indonesia sendiri remitansi merupakan sumber yang cukup besar bagi perekonomian di Indonesia sebagai devisa negara Indonesia. Dengan besarnya jumlah remitansi sebagai devisa ini, terdapat permasalahan dalam remitansi merupakan dampak yang buruk bagi para Tenaga Kerja Indonesia yang sudah susah payah bekerja diluar negeri dan juga berdampak buruk pada perekonomian Indonesia. KBRI Singapura dengan ini bersama dengan Bank Negara Indonesia Singapura sebagai Badan Usaha Milik Negara melakukan kerjasama untuk mengatasi permasalahan remitansi yang dirasakan TKI di Singapura. Maka, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kerjasama dan hasil dari upaya pemerintah Indonesia untuk dapat menyelesaikan permasalahan remitansi TKI di Singapura, beriringan dengan pertanyaan penelitian yaitu, Bagaimana kerjasama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura dan Bank Negara Indonesia dalam menangani permasalahan remitansi Tenaga Kerja Indonesia di Singapura? Dalam menjawab pertanyaan penelitian tersebut, penulis akan menggunakan konsep National Interest, Kerjasama, dan Remitansi dengan metode penelitian kualitatif melalui observasi, studi dokumen dan Wawancara tatap muka. Pada akhirnya, penulis menemukan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa TKI dan remitansi berpengaruh positif bagi pembangunan perekonomian Indonesia, dan kerjasama program pembuatan Kartu Pekerja Indonesia Singapura Co-Branding BNI dan BNI Mobile Remittance yang diluncurkan oleh KBRI Singapura dan Bank Negara Indonesia merupakan acuan bagi Kedutaan Besar di negara lain dan mengurangi jauh buruknya permasalahan remitansi di Singapura. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Kerjasama en_US
dc.subject Remitansi en_US
dc.subject KBRI Singapura en_US
dc.subject BNI en_US
dc.subject Tenaga Kerja Indonesia en_US
dc.title Kerjasama kedutaan besar Republik Indonesia di Singapura dan Bank Negara Indonesia dalam menangani permasalahan remitansi Tenaga Kerja Indonesia di Singapura en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015330179
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0409048801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account