Penggunaan media swasta dan berbagai platform media digital dalam Implementasi Kebijakan Diplomasi Publik Korea Selatan di tahun 2013-2017

Show simple item record

dc.contributor.advisor Munthe, Atom Ginting
dc.contributor.author Harisetianingrum, Sabina Citra
dc.date.accessioned 2019-12-09T02:45:35Z
dc.date.available 2019-12-09T02:45:35Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38528
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9838
dc.description 8894 - FISIP
dc.description.abstract Diplomasi publik merupakan sebuah kebutuhan bagi setiap negara, khususnya negara-negara dengan kekuatan menengah (middle power), untuk bisa mendapatkan pengaruh yang lebih besar di dunia internasional. Korea Selatan, sebagai negara dengan kekuatan menengah, kemudian juga menaruh perhatian lebih besar terhadap diplomasi publiknya dan menjalankan berbagai taktik dalam diplomai publik, agar Korea Selatan mendapatkan tempat di hati masyarakat. Park Geun-Hye, selaku presiden Korea Selatan di tahun 2013-2017, melakukan gebrakan baru dalam kebijakan diplomasi publik Korea Selatan, yaitu dengan memberikan peran penting pada media swasta dan pengembangan media dalam implementasi dan pelaksanaan kebijakan diplomasi publik Korea Selatan. Hal ini memunculkan sebuah pertanyaan yaitu “Bagaimana Korea Selatan menggunakan media swasta serta mengelola berbagai platform media digital dalam kebijakan serta implementasi pelaksanaan diplomasi publiknya tahun 2013 hingga 2017?” Penggunaan media, terutama keterlibatan media swasta dalam aksi diplomasi publiknya secara resmi menjadi suatu hal baru dalam pemerintahan Korea Selatan sendiri. Pada akhirnya, media swasta menjadi aktor yang dilibatkan pemerintah untuk mengolah Hallyu menjadi soft power berupa konten kreatif yang dapat diperkenalkan kepada publik asing yang disebarkan melalui jaringan media swasta itu sendiri. Sedangkan badan-badan pemerintah terkait memanfaatkan kemajuan media dengan menggunakan berbagai platform digital untuk menyediakan berbagai informasi terkait Korea Selatan. Dengan media, Korea Seletan mengembangkan konten kreatif yang dapat membentuk brand Korea Selatan yang menarik di mata masyarakat global. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Diplomasi publik en_US
dc.subject media swasta en_US
dc.subject media en_US
dc.subject nation branding en_US
dc.subject Korea Selatan en_US
dc.subject Park Geun-Hye en_US
dc.subject platform digital en_US
dc.title Penggunaan media swasta dan berbagai platform media digital dalam Implementasi Kebijakan Diplomasi Publik Korea Selatan di tahun 2013-2017 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015330063
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account