Kampanye Michelle Obama dalam meningkatkan kesadaran publik terhadap kasus penculikan oleh Boko Haram tahun 2014-2016

Show simple item record

dc.contributor.advisor Djelantik, Sukawarsini
dc.contributor.author Jauza, Indira Junita
dc.date.accessioned 2019-12-06T07:31:33Z
dc.date.available 2019-12-06T07:31:33Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38590
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9828
dc.description 8960 - FISIP en_US
dc.description.abstract Kasus penculikan terhadap 276 siswi di Nigeria pada tahun 2014 yang dilakukan oleh organisasi teroris Boko Haram semakin memperparah permasalahan keamanan di Nigeria serta negara-negara tetangganya. Boko Haram merupakan organisasi teroris yang menyatakan dirinya sebagai pejuang kemerdekaan. Aksi-aksi teror Boko Haram dimulai dari tahun 2009 dan meningkat secara frekuensi dan jangkauan seiring dengan semakin banyaknya anggota yang tertangkap oleh otoritas. Namun, pemerintah Nigeria mengalami kesulitan dalam mengontrol dan meminimalisir kegiatan Boko Haram. Langkah yang diambil oleh pemerintah Nigeria justru membawa banyak kerugian bagi masyarakat setempat. Michelle Obama selaku Ibu Negara AS pada waktu itu berupaya untuk membawa kasus ini ke sorotan publik melalui media sosial Twitter dan Youtube dalam bentuk kampanye. Penelitian ini berupaya untuk menganalisis keefektifan kampanye Michelle Obama dalam meningkatkan kesadaran publik terkait kasus penculikan oleh Boko Haram. Metode kualitatif dielaborasi menggunakan konsep diplomasi digital, Soft Power dan—secara inklusif First Lady Diplomacy, Media Baru, Tujuh Blok Bangunan. Pembangunan kampanye melalui media sosial yang dilakukan oleh Michelle Obama mencerminkan representasi Amerika Serikat. Penggunaan panggung media sosial oleh Michelle Obama merupakan langkah yang tepat untuk melaksanakan aksi sosial karena kemampuannya dalam menjangkau massa. Dalam penelitian ini, didukung oleh identitas, kehadiran, komunitas, reputasi, dan penyebaran dari tweet yang dipublikasikan oleh Michelle Obama, kampanye ini berhasil untuk meningkatkan kepedulian terhadap isu penculikan oleh Boko Haram. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Michelle Obama en_US
dc.subject Diplomasi Digital en_US
dc.subject Media Baru en_US
dc.subject First Lady Diplomacy en_US
dc.subject Twitter en_US
dc.subject Youtube en_US
dc.subject Boko Haram en_US
dc.title Kampanye Michelle Obama dalam meningkatkan kesadaran publik terhadap kasus penculikan oleh Boko Haram tahun 2014-2016 en_US
dc.type Undergraduate Theses
dc.identifier.nim/npm NPM2014330217
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0416066401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account