dc.description.abstract |
Inovasi dalam sebuah dunia perbankan sangat dibutuhkan, karena dunia perbankan bukan hanya membicarakan profit saja, tetapi bank juga memerlukan pencapaian yaitu produk baru dalam bisnisnya atau yang sering disebut sebagai inovasi produk. Dalam setiap rancangan strategi inovasi, sebuah bisnis tidak lepas dari beragam inovasi yang dibuat dan dikenalkan pada nasabah, meskipun inovasi tersebut disukai atau tidak oleh nasabah. Inovasi juga dibutuhkan untuk melawan kompetitor dalam bentuk usaha yang sejenis. Saat ini yang sangat diminati dan banyak di pakai adalah mobile banking, yang salah satu pelakunya adalah Bank Mandiri dengan produk mandiri online. Bank Mandiri menciptakan mandiri mobile yang awal mulanya melihat peluang tersebut, dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat kebutuhan nasabah juga ikut meningkat yang membuat Bank Mandiri melakukan inovasi produk dengan merubah mandiri mobile menjadi mandiri online.
Penelitian ini pada dasarnya menggunakan penelitian deskriptif dan menggunakan studi kasus, teknik analisis data menggunakan perbandingan antara teori-teori dengan informasi yang didapatkan oleh peneliti dari lapangan. Lalu, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, studi kepustakaan, wawancara, dan kuesioner.
Secara menyeluruh, didasarkan dari analisa peneliti menggunakan five porter analysis dipaparkan mengenai situasi perkembangan secara menyeluruh dan diidentifikasi mengenai SWOT analysis (strength, weakness, opportunities, and threat) yang dimiliki oleh bank, dan Blue ocean strategy yang menggunakan metode kanvas strategi dan juga kerangka kerja empat langkah (dengan tujuan mengetahui respon nasabah terhadap inovasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri). |
en_US |