Abstract:
Bisnis kuliner di Indonesia semaing berkembang dan berdasarkan data dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia bisnis kuliner masuk dalam 3 besar pemberi kontribusi terbesar dalam sektor ekonomi kreatif. Selain itu, menyatakan sektor kuliner Indonesia tumbuh rata-rata 7 hingga 14 persen per tahun dalam lima tahun terakhir.
Begitu pula dengan bisnis restoran di Kota Bandung, dengan jumlah penduduk yang padat semakin besar peluang bagi pelaku bisnis untuk menanamkan modalnya dibidang restoran dan Restoran Z termasuk salah satu restoran yang terkena dampak tingginya persaingan. Selama ini, Restoran Z masuh memberikan promo yang sama kepada semua orang, padahal belum tentu semua orang suka dengan promo yang diberikan.
Tantangan bagi Restoran Z ialah mempertahankan pelanggan lama agar mereka datang kembali, menghubungi kembali pelanggan yang mulai turun tingkat kedatangnanya. CRM membuat Restoran Z mampuu mengetahui siapa saja kelompok pelanggan perorangan utama yang harus diberikan promo menurut tipenya. Sebagai contoh, promo yang diberikan ialah paket bundling makanan yang ia sukai dengan kategori makanan lain dimana akan mendapat harga lebih murah.