Abstract:
Persaingan usaha di bidang kuliner di Bandung semakin kompetitif dikarenakan munculnya berbagai pendatang baru dari berbagai jenis makanan. OTW Sushi merupakan salah satu restoran Jepang di Bandung yang dapat bertahan di tengah persaingan, kunci utamanya yaitu dengan mempertahankan dan meningkatkan kualitas makanan untuk mencapai kepuasan konsumen. Berdasarkan uraian ini, penulis tertarik untuk melakukan studi lebih lanjut terkait pengaruh kualitas makanan terhadap kepuasan konsumen di OTW Sushi.
Penelitian ini berjenis eksplanatori dan menggunakan metode survai dengan alat berupa kuesioner kepada 100 orang responden. Responden dipilih menggunakan metode convenience sampling. Jenis data yang didapat merupakan data primer yang kemudian diolah secara kuantitatif. Selain itu, penulis juga mengumpulkan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan studi literatur didukung penelitian-penelitian terdahulu.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan dan positif variabel kualitas makanan terhadap variabel kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian ini, didapatkan juga nilai koefisien determinasi sebesar 0.581 yang artinya persepsi mengenai kualitas makanan menimbulkan daya tarik sebesar 58.10% terhadap kepuasan konsumen OTW Sushi Bandung. Hal ini juga berarti bahwa kenaikan kualitas makanan dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Maka dari itu, Peneliti menyarankan kepada OTW Sushi untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas makanan guna untuk meningkatkan kepuasan dari para konsumennya.