Abstract:
Seiring dengan berkembangnya sektor pariwisata dan semakin berkembangnya media sosial memberikan peluang besar bagi agen perjalanan untuk menawarkan paket perjalanan melalui online, seperti sosial media. Tour & Travel merupakan bisnis yang sedang yang bertumbuh dan berkembang pada pasarnya. Namun, pesaingan bisnis merupakan hal yang umum dalam dunia usaha. Sehingga perusahaan harus lebih cermat dalam merumuskan strategi untuk mengembangkan bisnisnya dan memenangkan persaingan. Strategi juga dibutuhkan sebagai suatu alat menuju pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. CV. Asia Trip Indonesia merupakan salah satu Travel Agent terpercaya yang selalu berusaha untuk mengembangkan bisnisnya menjadi lebih baik dan lebih luas lagi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer yang didapat oleh peneliti dari lapangan juga didukung dengan data sekunder.
Secara keseluruhan pada penelitian ini, penulis menggunakan Analisis PEST, Analisis Porter Five’s Forces, Analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, Threats), IFAS (Analisis Faktor Internal), EFAS (Analisis Faktor Eksternal), IE Matriks, Matriks SWOT dan QSPM. Semua metode atau model tersebut digunakan oleh penulis untuk memberikan rekomendasi strategi yang efektif untuk dapat dikembangkan diperusahaan baik itu dari sekarang ataupun di masa yang akan datang yang berguna untuk meningkatkan jumlah konsumen dan pendapatan yang diraih oleh perusahaan dengan menganalisa lingkungan internal dan eksternalnya.
Berdasarkan hasil IE Matriks perusahaan terletak pada kuadran I yaitu Grow and Build Strategy dimana strategi yang direkomendasikan adalah penetrasi pasar, pengembangan produk dan pengembangan pasar.
Berdasarkan hasil QSPM yang dilakukan dengan membandingkan setiap alternatif strategi dari analisis SWOT, maka strategi yang dinilai tepat adalah strategi penetrasi pasar dan pengembangan pasar.