dc.description.abstract |
Saat ini industri co-working space sedang marak digunakan oleh banyak
masyarakat karena banyak masyarakat yang lebih memilih untuk bekerja di coworking
space daripada membangun sebuah kantor. Hal tersebut juga dikarenakan
fasilitas yang disediakan oleh co-working space lengkap dan bisa menjalin
kerjasama dengan partner lain secara lebih mudah. Di Kota Bandung sudah
terdapat beberapa co-working space khususnya di daerah Jl. Ir. H. Juanda terdapat
3 co-working space salah satunya adalah Lo.ka.si Coffee & Space. Dengan
memiliki konsep yang serupa dan berada di daerah yang sama membuat Lo.ka.si
harus selalu sigap dalam membuat inovasi untuk menarik perhatian konsumen.
Melihat kondisi tersebut dimana banyaknya pesaing yang muncul dan meniru
membuat industri ini termasuk kedalam situasi Red Ocean dimana ruang pasar
menjadi sangat kompetitif, semua pemain dalam industri ini berusaha
mengalahkan lawan demi mendapatkan pangsa permintaan yang besar.
Berdasarkan kondisi tersebut, Blue Ocean Strategy adalah suatu strategi yang
cocok untuk perusahaan agar keluar dari Red Ocean.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analisis deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan
observasi. Analisis data menggunakan PESTEL, Five Focres, SWOT Matrix, dan
Blue Ocean Strategy.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa Lo.ka.si
Coffee & Space saat ini berada di zona Red Ocean dan setelah
penginterprestasian menggunakan Strategy Blue Ocean telah didapatkan sebuah
kurva nilai baru yaitu dengan membuat Lo.ka.si sebagai tempat untuk
mempertemukan perusahaan dengan para pencari kerja, menargetkan target pasar
baru yang sebelumnya belum pernah tersentuh oleh Lo.ka.si, membuat eventevent
baru yang belum pernah dibuat sebelumnya sesuai dengan perkembangan
yang ada di masyarakat, serta meningkatkan komunikasi dengan pelanggan
melalui website yang dimiliki oleh Lo.ka.si Coffee & Space. |
en_US |