Abstract:
Meningkatnya keuntungan perusahaan yang bergerak di bidang kuliner, telah mendorong banyak pelaku bisnis untuk memasuki pasar, sehingga tingkat persaingan menjadi sangat tajam. Tingginya persaingan dalam industri kuliner yang ada di Bandung membuat pelaku usaha harus melakukan langkah serta menetapkan strategi yang tepat agar tetap bertahan di industri kuliner. Untuk memempertahankan posisi dalam persaingan industri tersebut perusahaan harus mempertahankan konsumen yang ada, perusahaan harus mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen untuk menimbulkan rasa loyalitas yang dapat menguntungkan perusahaan. Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan adalah melakukan inovasi.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Tizi Cake Shop & Restaurant tentang inovasi bisnis yang di lakukan oleh Tizi Cake Shop & Restaurant, untuk mengetahui respon yang diberikan konsumen dari strategi inovasi yang di lakukan dan merekomendasikan langkah strategi yang dapat dilakukan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Teknik Analisis Data dilakukan melalui metode kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT dan matriks SWOT.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Tizi Cake Shop & Restaurant menggunakan Strategi Inovasi Market Readers karena perusahaan mengutamakan perubahan incremental dan menjadi pengikut atau imitator di pasar, mendapatkan respon positif berdasarkan data yang didapat dan perusahaan disarankan untuk menggunakan strategi yang disarankan oleh peneliti berdasarkan matriks SWOT.