Analisis strategi bersaing FISIP UNPAR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gunawan, Theresia
dc.contributor.author Putra, Mochamad Pramaghia Purwana
dc.date.accessioned 2019-11-26T06:58:55Z
dc.date.available 2019-11-26T06:58:55Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38481
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9684
dc.description 8851 - FISIP en_US
dc.description.abstract Kebutuhan akan pendidikan tinggi yang berkualitas saat ini selalu menjadi kebutuhan utama masyarakat. Kebutuhan tersebut menjadikan permintaan mengenai proses pendidikan yang bermutu akan terus mengalami perkembangan. Dengan perkembangan pendidikan yang terus meningkat ini akan mendorong penyedia jasa pendidikan untuk berusaha memanfaatkan peluang tersebut. Semakin banyak penyedia jasa pendidikan, maka semakin ketat pula persaingan didalam industry pendidikan. Sehingga bagi para penyedia jasa pendidikan dituntut untuk terus merencanakan dan melakukan upaya strategi untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan posisi bersaing. Dalam penelitian ini peneliti ingin dapat menyampaikan Analisi Strategi Bersaing Fisip UNPAR. Sebagai penyedia jasa pendidikan yang sudah cukup lama berada pada industry pendidikan, peneliti berusaha untuk mengetahui strategi apa yang sudah diterapkan Fisip UNPAR saat ini, faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi Fisip UNPAR dalam menjalankan usahanya, dan strategi apa yang dapat diterapkan untuk dapat mempertahankan posisi bersaingnya. Untuk mengetahui strategi yang telah digunakan Fisip UNPAR selama ini peneliti menggunakan Analisis Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP). Setelah itu peneliti akan berusaha mengetahui faktor eksternal yang mempengaruhi perusahaan dalam menjalankan usahanya menggunakan analisis PESTEL, Five-Force Model, dan Analisis Internal perusahaan. Yang terakhir peneliti berusaha untuk memberikan strategi yang tepat supaya perusahaan dapat mempertahankan posisi bersaingnya. Uraian analisis terakhir ini peneliti akan menggunakan Matriks SWOT, Matriks Internal-External, dan QSPM. Analisis Matriks SWOT dapat memberikan gambaran mengenai kemungkinan strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan. Sementara Matriks IE merupakan perhitungan bobot dan skor untuk mengetahui dimana prosisi perusahaan dalam industrinya saat ini. Untuk mengetahui strategi yang tepat diantara strategi alternatif, peneliti akan menentukan berdasarkan hasil perhitungan hasil QSPM. Berdasarkan hasil analisis STP, dapat disimpulkan bahwa Fisip UNPAR saat ini menggunakan strategi fokus pada Perbedaan (Focus Strategy & Differentiation). Untuk mengetahui posisi bersaing perusahaan, berdasarkan hasil analisis internal dan eksternal, matriks SWOT dan hasil matriks IE, Fisip UNPAR saat ini berada pada kuadran V. Artinya saat ini perusahaan perlu melakukan strategi mempertahankan dan mempelihara (Hold and Maintain). Mengenai strategi yang paling tepat menurut hasil perhitungan QSPM, peneliti mendapatkan hasil bahwa perusahaan saat ini dapat menerapkan strategi penetrasi pasar. Strategi ini dianggap paling tepat karena didukung oleh kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan serta peluang dan ancaman dari lingkungan perusahaan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Strategi Bersaing en_US
dc.subject Pendidikan Tinggi en_US
dc.subject SWOT en_US
dc.subject Matriks Internal-Ekternal en_US
dc.subject QSPM en_US
dc.title Analisis strategi bersaing FISIP UNPAR en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014320009
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0410087801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account