Analisis strategi bersaing untuk objek wisata Dusun Bambu Family Leisure Park

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gunawan, Theresia
dc.contributor.author Mawadah, Fauziah Maya Mutiara
dc.date.accessioned 2019-11-26T05:42:02Z
dc.date.available 2019-11-26T05:42:02Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38479
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9664
dc.description 8849 - FISIP en_US
dc.description.abstract Saat ini pengembangan pada sektor pariwisata di Indonesia sedang giat dilakukan oleh pemerintah Daerah khususnya Kab. Bandung Barat dengan tujuan untuk menarik minat wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistika (BPS) yang diperbaharuai pada 23 Maret 2018 menyatakan bahwa pada tahun terakhir data di catat yaitu 2016 Kab. Bandung Barat berada pada posisis ketiga daerah yang dikunjungi oleh wisatawan dengan total kunjungan adalah 278.027 untuk wisatawan mancanegara dan 1.289.657 untuk wisatawan domestik. Melihat fakta tersebut tidak heran bahwa di daerah Kab. Bandung Barat persaingan bisnis di bidang pariwisata dapat dibilang sangat tinggi. Hal ini menuntut perusahaan untuk terus melakukan perencanaan strategi sehingga dapat lebih unggul dari pesaing. Dalam penelitian ini penulis berusaha untuk menyampaikan faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi bisnis Dusun Bambu Family Leisure Park, sehingga strategi yang tepat dapat diterapkan oleh perusahaan. Untuk mengetahui strategi yang sesuai dengan Dusun Bambu Family Leisure Park, penulis akan menganalisis lingkungan eksternal dengan menggunakan analisis PEST dan Five Forces Serta menganalisis lingkungan internal perusahaan. Penulis juga akan menggunakan analisis SWOT, internal – eksternal matriks, dan QSPM. SWOT digunakan memberikan gambaran kemungkinan strategi yang bisa digunakan perusahaan, IE matriks digunakan untuk melihat posisi perusahaan dan QSPM untuk melihat strategi yang tepat diantara strategi alternatif. Penulis juga akan menggunakan matriks CPM untuk melihan posisi kompetitif perusahaan. Berdasarkan hasil analisis Matrik SWOT dan IE matriks, Dusun Bambu Family Leisure Park saat ini berada pada kuandran I yang berarti perusahaan tumbuh dan berkembang. Analisis QSPM yang telah penulis lakukan menunjukan bahwa strategi yang paling tepat untuk Dusun Bambu Family Leisure Park adalah pengembangan produk dan untuk hasil dari matriks CPM Dusun Bambu Berada pada posisi unggul dalam persaingan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject strategi en_US
dc.subject bisnis priwisata en_US
dc.subject SWOT en_US
dc.subject IE matriks en_US
dc.subject QSPM en_US
dc.subject CPM en_US
dc.title Analisis strategi bersaing untuk objek wisata Dusun Bambu Family Leisure Park en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015320178
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0410087801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account