Abstract:
KodeKiddo merupakan bisnis rintisan yang bergerak di bidang jasa. KodeKiddo bertujuan untuk membantu orangtua dalam mengembangkan soft skill anak di bidang teknologi dan juga membantu mengarahkan penggunaan teknologi anak agar penggunaannya menjadi lebih positif dan bermanfaat bagi anak. KodeKiddo berpusat di Silicon Valley, Amerika Serikat sehingga mempunyai materi dan program global yang dilakukan di negara- negara maju sehingga KodeKiddo membuka kesempatan bagi anak yang ingin berkompetisi coding internasional.
Sebagai salah satu bisnis rintisan di bidang jasa maka KodeKiddo harus memastikan kualitas dari jasa yang ditawarkan dan pelayanan yang diberikan dilakukan sebaik mungkin. Hal itu dikarenakan orangtua adalah pihak yang merasakan pelayanan yang diberikan oleh KodeKiddo baik atau tidak. Hal tersebut merupakan hal penting karena hal tersebut dapat menjadi landasan apakah orangtua akan melakukan pembelian ulang atau tidak.
Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan orangtua dari anak-anak yang belajar di KodeKiddo. Data kemudian diolah secara kuantitatif dan dianalisis secara deskriptif. Hasilnya menunjukan bahwa kualitas pelayanan secara signifikan dan positif mempengaruhi minat pembelian ulang, dimana kualitas pelayanan berkontribusi 36,5% terhadap minat pembelian ulang. Diperoleh kesimpulan berdasarkan tabel tanggapan responden bahwa kualitas pelayanan di KodeKiddo termasuk kategori baik.