Abstract:
Di Indonesia timbul begitu banyak persaingan di dalam industri yang
sama. tak terkecuali di dalam industri makanan dan minuman. Seringnya terjadi
perubahan lingkungan yang membuat perusahaan untuk sigap dalam mengahadapi
perubahan ini. Perusahaan berlomba-lomba untuk memiliki keunggulan bersaing
dengan merencanakan strategi agar perusahaan dapat bertahan dalam persaingan
pasar saat ini. Tak terkecuali Vitasari Bakery sudah berdiri sejak tahun 1992 yang
berada di Komplek Kurdi 49 Bandung yang menawarkan berbagai variasi roti,
kue, dan makanan ringan. Kemampuan perusahaan dalam menganalisis
lingkungan bisnis merupakan salah satu faktor penting keberhasilan perusahaan
dalam menetapkan strategi bersaing yang tepat.
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu mengetahui alternatif strategi
yang sesuai dengan Vitasari Bakery dengan memperhatikan kondisi lingkungan
perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan tahapan
formulasi-formulasi strategi bersaing, yaitu matriks IFE , matriks EFE, matriks
IE,dan matriks TOWS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal terdapat 5
kekuatan dan 5 kelemahan, dan faktor eksternal terdapat 4 peluang dan 4
ancaman. Berdasarkan matriks IFE dan EFE menghasilkan total skor sebesar 2.93
dan 2,87. Hasil matriks IE yaitu Vitasari Bakery terdapat pada posisi pertahanan
dan pelihara yang barada di kuadran V dengan strategi utama penetrasi pasar dan
pengembangan produk. Sementara berdasarkan hasil matriks TOWS
menghasilkan strategi, yaitu bekerjasama dengan ahli penata ruang untuk
menambah kenyamanan pelanggan saat berbelanja di Vitasari Bakery,
menggunakan media sosial sebagai kegiatan pemasaran yang efektif, membuat
paket snack box dengan tawaran menarik, melakukan kegiatan pemasaran untuk
roti kulit nangka sebagai produk unggulan Vitasai bakery, membuat perjanjian
dengan partner, dan melakukan evaluasi pegawai untuk meningkatkan
keterampilan kerja.