Abstract:
Perkembangan bisnis fashion muslim saat ini di Indonesia sangatlah pesat. Perkembangan bisnis ini membuat persaingan yang ketat antar sesama pebisnis busana muslim. Salah satu busana muslim yang ada di Bandung adalah Imara Exclusive yang telah membangun bisnisnya lebih dari 20 tahun. Imara Exclusive merupakan bisnis busana muslim yang mempunyai ciri khas dan karakteristik dalam design busananya. Imara Exclusive juga menggunakan strategi diferensiasi dalam menjalankan bisnisnya dan agar dapat bersaing pada dunia fashion muslim.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Data atas objek penelitian di kumpulkan melalui pengamatan (observasi) dan wawancara tidak terstruktur. Data dianalisis dengan menggunakan Matriks SWOT, Matriks evaluasi Faktor Eksternal (EFE), Matriks Evaluasi Faktor Internal (EFI), Matriks Internal-Eksternal (IE) dan analisis value chain.
Strategi diferensiasi yang digunakan oleh Imara Exclusive adalah diferensiasi produk dan diferensiasi service. Hasil penelitian membuktikan bahwa strategi diferensiasi yang dilakukan oleh Imara Exclusive cukup efektif dalam menarik target pasar, namun perlu langkah strategis lain untuk meningkatkan penjualan dan posisi bersaingnya.
Hasil analisis Matriks Internal-Eksternal, Imara Exclusive berada pada posisi kuadran I dimana posisi tersebut adalah grow atau tumbuh. Berdasarkan hasil tersebut, perusahaan disarankan mengkombinasikan penggunaan strategi diferensiasi dengan strategi lain yaitu penetrasi pasar. Perusahaan diharapkan dapat menerapkan penetrasi pasar ini, sehingga dapat mempertahankan posisi bersaing saat ini dalam menghadapi persaingan yang ada.