Permainan Pac-Man berbasis sistem multiagen

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nugraheni, Cecilia Esti
dc.contributor.author Pandityo, Harseto
dc.date.accessioned 2019-11-05T02:56:47Z
dc.date.available 2019-11-05T02:56:47Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38291
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9543
dc.description 1596 - FTIS en_US
dc.description.abstract Pac-Man adalah sebuah permainan klasik yang dibuat tahun 1980 oleh Namco, sangat populer pada jamannya. Prinsip permainan ini adalah permainan dalam sebuah labirin, dan di dalam labirin tersebut terdapat makanan, power pellet, buah ceri, Pac-Man, dan empat agen hantu yang mengejarnya. Untuk memenangkan permainan, pemain yang mengendalikan Pac-Man harus memakan semua makanan dan power pellet serta menghindari hantu. Algoritma yang digunakan pada permainan Pac-Man orisinil tahun 1980 adalah sistem yang pasif dimana hantu tidak bisa bertindak independen berdasarkan data yang diberikan dan hanya dapat bertindak berdasarkan instruksi dari sistem utama. Gerakan yang bisa diambil hantu sangat terbatas. Oleh karenanya, tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat permainan Pac-Man berbasis Sistem Multiagen, sehingga jalannya permainan menjadi lebih tidak terduga dan akan lebih mudah jika ingin diperbarui karena sistem multiagen tidak terhubung langsung pada sistem utama permainan. Agen adalah sistem yang dapat mendapatkan informasi, memproses, dan melakukan sebuah aksi secara independen tanpa instruksi langsung dari sistem lainnya. Permainan Pac-Man berbasis Sistem Multi Agen dibuat menggunakan framework Jason dengan bahasa pemrograman AgentSpeak untuk bagian pemrograman agen dan Java untuk bagian pemrograman sistem lainnya. Perubahan untuk Pac-Man berbasis Sistem Multiagen dari game Pac-Man tahun 1980 adalah dengan mengubah algoritma cara hantu mendapatkan informasi. Pada Pac-Man tahun 1980, hantu mendapatkan informasi langsung melalui sistem utama setelah beberapa waktu tertentu. Sementara pada Pac-Man berbasis Sistem Multiagen yang akan dibuat, agen hantu akan mendapatkan informasi berdasarkan sensor yang dimiliki agen yang berupa jarak pandangan di depan agen yang dapat diatur jauhnya oleh pengguna. Ditambahkannya juga mekanisme jarak komunikasi antara agen untuk membatasi jarak mengirim pesan agen hantu ke agen hantu lainnya. Selain dari itu yang berubah lainnya adalah pada permainan Pac-Man tahun 1980, Pac-Man dikendalikan oleh pengguna. Pada permainan Pac- Man berbasis Sistem Multiagen yang akan dibuat, Pac-Man adalah sebuah agen yang akan bergerak secara automatis berdasarkan langkah yang dipilih oleh agen Pac-Man. Pengujian dilakukan dengan cara menjalankan program dan mengubah-ubah parameter yang bisa diubah oleh pengguna seperti kecepatan, poin yang didapatkan, jarak pandang agen hantu, dan jarak komunikasi agen hantu. Pengujian tersebut bertujuan untuk memastikan program sudah dapat berfungsi dengan baik dan juga untuk mencari kombinasi parameter terbaik yang dapat membuat agen hantu dan agen Pac-Man seimbang dalam kemampuannya untuk menyelesaikan tugas mereka. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi dan Sains - UNPAR en_US
dc.subject Sistem Multi Agen en_US
dc.subject Pac-man en_US
dc.subject Jason en_US
dc.subject AgentSpeak en_US
dc.subject Java en_US
dc.title Permainan Pac-Man berbasis sistem multiagen en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013730060
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0427116901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI618#Teknik Informatika


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account