Peranan aktivitas pengendalian pada siklus penjualan untuk meningkatkan efektivitas penagihan piutang pada CV. Masscom

Show simple item record

dc.contributor.advisor Purboyo, Arthur
dc.contributor.advisor Felisia
dc.contributor.author Tanuar, Ferdy
dc.date.accessioned 2019-11-04T04:23:16Z
dc.date.available 2019-11-04T04:23:16Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38242
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9525
dc.description 23747 - FE en_US
dc.description.abstract Adanya perkembangan dalam siklus bisnis, membuat perusahaan membutuhkan peran dari aktivitas pengendalian untuk dapat mengatur seluruh kegiatan operasi serta mengatasi risikorisiko yang terjadi dalam perusahaan. Risiko ini dapat terjadi dan bisa jadi menimbulkan kerugian bagi perusahaan karena dapat menyebabkan target penjualan tidak tercapai serta membuat laba yang diperoleh perusahaan menjadi tidak maksimal Aktivitas pengendalian juga membantu perusahaan dalam pencapaian tujuan perusahaan yaitu memuaskan seluruh kebutuhan para pemangku kepentingan. Siklus penjualan pada umumnya dimiliki oleh setiap perusahaan agar membantu perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnis. Siklus penjualan terdiri dari 4 proses yaitu proses penerimaan pesanan, proses pengiriman barang, proses penagihan pembayaran, serta proses penerimaan kas. Dalam proses siklus penjualan akan timbul berbagai macam risiko yang dapat merugikan perusahaan. Contoh risiko yang dapat timbul adalah masih banyak konsumen yang tidak membayar piutang sesuai dengan term of payment yang diberikan oleh perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan memerlukan sistem pengendalian internal yang membantu perusahaan mengatasi risiko-risiko yang terjadi dalam siklus penjualan. Salah satu aktivitas dalam pengendalian internal yang membantu mengatasi risiko yang terjadi adalah aktivitas pengendalian (control activities). Aktivitas pengendalian terdiri dari beberapa komponen yang diharapkan membantu perusahaan dalam meningkatkan efektivitas dari penagihan piutang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Variabel independen dalam penelitian ini adalah aktivitas pengendalian pada siklus penjualan sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah efektivitas penagihan piutang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan dan juga studi kepustakaan. Unit yang diteliti adalah perusahaan CV. Masscom yang menjual kebutuhan alat-alat komputer bagi konsumen. Dalam penelitian ini aktivitas pengendalian sudah cukup berperan pada siklus penjualan tetapi juga belum berpengaruh banyak terhadap efektivitas dari penagihan piutang. Walaupun telah ditetapkan term of payment bagi konsumen, masih banyak konsumen yang masih menunggak pembayaran dari piutang. Oleh sebab itu, penulis menyarankan agar sebaiknya dilakukan pemilihan terhadap konsumen yang memiliki kredibilitas baik dalam pembayaran piutang kepada perusahaan. Hal ini diperlukan agar perusahaan tidak mengalami kerugian dalam penjualan. Penulis juga menyarankan agar konsumen yang terlalu lama menunggak piutang diberikan sanksi berupa denda sesuai dengan lamanya konsumen tidak membayar piutang. Perusahaan juga dapat menambah 1 karyawan dalam membantu mengingatkan piutang kepada konsumen agar bagian keuangan hanya berfokus pada aktivitas penerimaan kas. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Aktivitas pengendalian en_US
dc.subject Siklus penjualan en_US
dc.subject Efektivitas penagihan piutang en_US
dc.title Peranan aktivitas pengendalian pada siklus penjualan untuk meningkatkan efektivitas penagihan piutang pada CV. Masscom en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015130109
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0425015801
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0401028301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account