Abstract:
Setiap perusahaan memiliki kegiatan operasi, dan kegiatan operasi tersebut terdiri beberapa
siklus, yaitu siklus pengeluaran, siklus produksi, siklus human resource dan penggajian, siklus
penjualan dan penerimaan kas, dan terakhir siklus finansial. Dari kelima siklus tersebut, siklus
penjualan dan penerimaan kas merupakan siklus yang sangat penting, karena dari siklus
tersebut perusahaan mendapat keuntungan yang dibutuhkan perusahaan. Siklus penjualan dan
penerimaan kas ini rentan dipengaruhi oleh fraud, yaitu perbuatan merugikan yang dilakukan
dengan sengaja untuk kepentingan sendiri, bila fraud tidak dicegah maka keuntungan yang
diterima perusahaan akan berkurang, dan akan mempengaruhi going concern perusahaan.
Dalam upaya mencegah fraud terjadi, diperlukan sebuah pengendalian
internal, yaitu sebuah pengendalian yang memastikan bahwa kegiatan operasi perusahaan
telah berjalan dengan efektif, efisien, serta memberikan keyakinan yang wajar bahwa laporan
keuangan dapat diandalkan, telah terbebas dari error dan fraud, dan telah mentaati seluruh
peraturan yang berlaku. Dengan pengendalian internal yang memadai dan diterapkan dengan
baik, diharapkan kegiatan operasi perusahaan dapat berjalan dengan efektif, efisien, dan
terbebas dari fraud.
Penelitian dilakukan pada PD Sido Jaya, sebuah perusahaan dagang yang
terletak di Jalan Jakarta No 20-22, Perumahan Kota Kembang Ruko 32, Bandung, Jawa Barat.
PD Sido Jaya telah berdiri sejak tahun 1985, dan memiliki tiga kantor cabang yang
ditempatkan di Jakarta, Solo, dan Cirebon. PD Sido jaya menawarkan produk berupa kain
corak (dobi) dan kain polos (mori) yang siap diolah menjadi pakaian untuk dijual kembali oleh
customer.
Berdasarkan siklus penjualan dan penerimaan kas yang berlaku, komponen
pengendalian internal yang diterapkan, dan pencegahan fraud yang diterapkan perusahaan,
diidentifikasi inherent risk apa yang dihadapi perusahaan dan dampaknya, faktor risiko fraud
yang ada dan pencegahannya, selanjutnya menafsirkan risiko fraud tersebut, untuk melihat
pengaruh pengendalian internal yang diterapkan perusahaan terhadap siklus penjualan dan
penerimaan kas. Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa siklus penjualan dan
penerimaan kas dilakukan seluruhnya oleh owner, sehingga meminimalisir opportunity untuk
melakukan fraud, dan pengendalian internal yang diterapkan perusahaan berfokus pada
penanaman moral untuk memperbaiki attitude karyawan dan mendorong karyawan untuk
menjalani gaya hidup sehat, sehingga mengurangi incentives dan pressure untuk melakukan
fraud. Saran yang diberikan untuk PD Sido Jaya adalah untuk menerapkan prosedur dengan
segregation of duties yang memadai, serta mempersiapkan dan melatih seseorang untuk
menjadi penerus owner agar ketika terjadi pergantian kepemilikan perusahaan, owner yang
baru dapat bekerja sebaik owner sebelumnya.