Pengaruh kepuasan hubungan dan kepercayaan terhadap kinerja pemasok : studi pada kafe di Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sulungbudi, Brigita Meylianti
dc.contributor.advisor Fernando
dc.contributor.author Pangestu, Andre
dc.date.accessioned 2019-10-25T04:34:24Z
dc.date.available 2019-10-25T04:34:24Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38151
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9388
dc.description 23656 - FE en_US
dc.description.abstract Kota Bandung merupakan kota yang terkenal dengan wisatanya, sehingga menarik wisatawan dalam skala domestik ataupun mancanegara. Hal tersebut dimanfaatkan oleh pengusaha lokal untuk meraih keuntungan setinggi mungkin dalam berbagai bentuk bisnis, salah satunya adalah mendirikan kafe. Berdasarkan data yang ada pada "Bandung Dalam Angka 2017" , perkembangan jumlah kafe dan restoran pada beberapa tahun terakhir mengalami pertumbuhan pesat dari 625 menjadi 795. Agar dapat memaksimalkan keunggulannya, supply chain management atau manajemen rantai pasok adalah satu aspek yang harus diperhatikan. Dalam manajemen rantai pasok, terdapat proses makro supplier relationship management yang merupakan salah satu faktor yang menjadi penentu keberhasilan manajemen rantai pasok yang ditentukan oleh kualitas hubungan. Kepuasan hubungan dan kepercayaan kepada pemasok merupakan dua dari faktor penentu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kepuasan hubungan sebagai variabel prediktor (X) dapat memengaruhi variabel kinerja pemasok (Y) secara langsung atau melalui kepercayaan sebagai mediator (M). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi literatur dan menyebarkan kuesioner kepada 200 responden dengan menggunakan metode convenience sampling dimana responden merupakan bagian pembelian atau procurement di kafe yang berhubungan langsung dengan pemasok biji kopi di kota Bandung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis mediasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan hubungan (X) dan kepercayaan (M) berpengaruh secara positif terhadap kinerja pemasok (Y). Besar pengaruh yang diberikan secara langsung oleh kepuasan hubungan (X) memengaruhi kinerja pemasok (Y) adalah sebesar 31.7%, dan melalui kepercayaan sebagai mediator sebesar 24.8%. Maka dapat dikatakan kepuasan hubungan dan kepercayaan terhadap pemasok memengaruhi kinerja pemasok secara positif. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject manajemen rantai pasok en_US
dc.subject supplier relationship management en_US
dc.subject kepuasan hubungan en_US
dc.subject kepercayaan en_US
dc.subject kinerja pemasok en_US
dc.subject kafe en_US
dc.title Pengaruh kepuasan hubungan dan kepercayaan terhadap kinerja pemasok : studi pada kafe di Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015120123
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0407067201
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0427028402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account