Analisis praktik teknologi informasi pada 10 produsen busana muslim di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Satyarini, Ria
dc.contributor.author Christiani, Angel
dc.date.accessioned 2019-10-24T07:48:38Z
dc.date.available 2019-10-24T07:48:38Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38113
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9381
dc.description 23618 - FE en_US
dc.description.abstract Industri fesyen Indonesia saat ini telah melesat menjadi salah satu primadona subsektor Industri Kreatif. Berdasarkan data survei khusus Ekonomi Kreatif BPS - Bekraf 2016, fashion memiliki presentase paling tinggi dibanding sub sektor lainnya, yaitu sebesar 56%. Tren penggunaan busana muslim di tanah air khususnya Kota Bandung, terus mengalami perkembangan pesat. Busana Muslim selalu membutuhkan inovasi dan imajinasi tanpa batas untuk menghadirkan karya-karya fesyen dengan mode dan tren terbaru, yang mampu menjawab kebutuhan dan kepuasan para konsumen. Perhatian terhadap inovasi tentunya tidak dapat dipisahkan dengan praktik teknologi informasi, karena teknologi informasi saat ini menjadi competitive advantage yang sangat penting dalam menentukan daya saing dan kemampuan perusahaan untuk meningkatkan kinerja di masa mendatang. Sekarang ini perusahaan harus beralih ke bisnis digital (transformasi), jika tak ingin daya saingnya tergerus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik teknologi informasi dari 10 produsen busana muslim di Kota Bandung. Praktik Teknologi Informasi merupakan rangkaian kegiatan yang difasilitasi peralatan elektronik yang mencakup pengolahan, transmisi, dan penyajian informasi yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan dalam memenuhi kebutuhan pasar maupun untuk kemajuan perusahaan itu sendiri. Terdapat tujuh indikator untuk mengukur praktik teknologi informasi menurut Kianto (2015), yaitu (1) Teknologi informasi digunakan untuk memungkinkan pencarian dan penemuan informasi secara efisien, (2) Teknologi informasi digunakan untuk memungkinkan komunikasi di seluruh organisasi sehingga dapat memudahkan pekerjaan, (3) Teknologi informasi digunakan untuk mengembangkan produk dan layanan baru dengan para pemangku kepentingan eksternal, (4) Teknologi informasi digunakan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik, (5) Teknologi informasi digunakan untuk mengumpulkan pengetahuan terkait bisnis mengenai pesaing, (6) Teknologi informasi digunakan untuk mengumpulkan pengetahuan terkait pelanggan sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan, (7) Teknologi informasi digunakan untuk mengembangkan cara-cara baru untuk mengelola perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif dengan metode kualitatif yang diperoleh dari wawancara dan observasi terhadap objek penelitian. Sampel pada penelitian ini adalah 10 produsen busana muslim di Kota Bandung. Hasil wawancara kemudian dianalisa menggunakan scoring rubric. Hasil dari analisa deskriptif menunjukkan bahwa pada umumnya praktik teknologi informasi pada industri busana muslim di Kota Bandung sudah dilakukan dengan cukup baik, namun ada praktik yang harus ditingkatkan / diperbaiki dari praktik teknologi informasi yang sudah dijalankan, yaitu indikator (5) Teknologi informasi digunakan untuk mengumpulkan pengetahuan terkait bisnis mengenai pesaing. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil pengukuran scoring rubric terhadap 10 (sepuluh) perusahaan dengan indikator yang paling minim terpenuhi. Para pelaku industri busana muslim harus melakukan peningkatan pada indikator (5) Teknologi informasi digunakan untuk mengumpulkan pengetahuan terkait bisnis mengenai pesaing, oleh karena itu, perusahaan tidak dapat selamanya bersikap acuh terhadap pesaing atau bahkan menganggap rendah dan menyepelekan pesaing, karena semakin berjalannya waktu, bisnis mereka pun bisa tergerus oleh persaingan yang amat ketat ini. Perusahaan harus mulai memanfaatkan teknologi informasi untuk mengumpulkan pengetahuan terkait bisnis mengenai pesaing. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Praktik Teknologi Informasi en_US
dc.title Analisis praktik teknologi informasi pada 10 produsen busana muslim di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015120034
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411017501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account