Abstract:
Universitas Katolik Parahyangan merupakan salah satu universitas
terkemuka swasta yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat
Jawa Barat dan Kota Bandung. Sebagai salah satu universitas terkemuka, Universitas
Katolik Parahyangan harus terus mempertahankan eksistensi di dalam industri pendidikan.
Sejak tahun 2013 sampai 2017, jumlah mahasiswa baru di Provinsi Jawa Barat cenderung
mengalami peningkatan, namun, sejalan dengan peningkatan jumlah mahasiswa baru, Jawa
Barat juga merupakan salah satu daerah yang memiliki perusahaan pendidikan dengan
jumlah yang tidak sedikit. Hal ini merupakan salah satu ancaman dan juga peluang yang
harus dimanfaatkan oleh Universitas Katolik Parahyangan untuk setiap tahun dapat
menggaet calon mahasiswa dan meningkatkan pendaftar baik melalui jalur USM ataupun
PMDK.
Sebagai universitas swasta, Universitas Katolik Parahyangan memerlukan strategi
pemasaran yang tepat bagi keberlangsungan lembaga pendidikan ini. Perlu dilakukan suatu
upaya agar para siswa sekolah menengah tertarik melanjutkan studi pendidikan tinggi di
Universitas Katolik Parahyangan. Strategi pemasaran yang tepat, dapat ditunjang melalui
pemahaman akan profil konsumen dari Universitas Katolik Parahyangan itu sendiri atau
siswa-siswi Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan baik di dalam Kota Bandung ataupun
di luar Kota Bandung. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
profil pendaftar USM 1 dan PMDK Universitas Katolik Parahyangan untuk Fakultas
Teknik, Fakultas Teknik Industri, dan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains dari tahun
2013-2018. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dimiliki oleh Universitas
Katolik Parahyangan terkait pendaftar USM 1 dan PMDK tahun 2013-2018 Universitas
Katolik Parahyangan sebanyak 19.862 data.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif
explanatory research yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam
mengenai suatu fenomena dan pada penelitian ini, data diolah menggunakan pivot table.
Dari hasil pengolahan data pendaftar USM 1 dan PMDK Universitas Katolik Parahyangan,
diperoleh hasil bahwa Fakultas Teknik yang terdiri dari Jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur
di dominasi oleh SMA Negeri yang berasal dari Kota Bandung, sedangkan untuk Fakultas
Teknik Industri yang terdiri dari Jurusan Teknik Industri, Kimia, dan Elektro di dominasi
oleh SMA Swasta yang berasal dari Kota Bandung dan Jabodetabek, dan untuk Fakultas
Teknologi, Informasi, dan Sains yang terdiri dari Jurusan Matematika, Fisika, dan Teknik
Informatika di dominasi oleh SMA Swasta yang berasal dari Kota Bandung.