Analisis inovasi dan kualitas pada 10 UKM industri busana muslim di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Satyarini, Ria
dc.contributor.author Sherla
dc.date.accessioned 2019-10-24T06:11:00Z
dc.date.available 2019-10-24T06:11:00Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38144
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9367
dc.description 23649 - FE en_US
dc.description.abstract Sub-sektor Ekonomi Kreatif, yaitu fesyen menempati peringkat kedua pemberi kontribusi terbesar terhadap PDB Ekraf pada tahun 2016 yaitu sebesar 18,01 persen dengan industri busana muslim sebagai salah satu penyumbangnya. Berkembangnya industri busana muslim di Indonesia mengakibatkan bertambahnya pelaku industri busana muslim dan dapat mengancam keberlangsungan UKM industri busana muslim Indonesia yang belum siap menghadapi persaingan terutama di Kota Bandung. Pada penelitian ini, Kota Bandung dipilih sebagai objek penelitian karena merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang dinobatkan sebagai bagian dari Jaringan Kota Kreatif UNESCO dan dideklarasikan sebagai kota kreatif yang mempengaruhi fesyen dunia terutama fesyen muslim melalui „Deklarasi Bandung Pusat Fesyen Muslim Dunia? pada Oktober 2014. UKM industri busana muslim diukur tingkat inovasi dan kualitas yang dimiliki. Inovasi pada penelitian ini diukur melalui dua dimensi, yaitu inovasi produk dengan tujuh indikator yang terdiri dari perusahaan selalu memproduksi produk baru, melakukan inovasi radikal, melakukan inovasi inkremental, menggunakan teknologi dalam mengembangkan produk, memproduksi produk baru setiap bulan, mengeluarkan minimal tiga produk baru, dan memproduksi produk yang baru pertama di pasar. Dimensi kedua adalah inovasi proses yang terdiri dari lima indikator, yaitu perusahaan membandingkan proses produksi, menerapkan sistem produksi yang lebih baik dari pesaing, peningkatan produktivitas, penggunaan teknologi pada sistem operasi, dan memberikan pelatihan kepada karyawan. Sedangkan kualitas pada penelitian ini diukur melalui dimensi kinerja dimana empat indikator dari aspek internal, yaitu kualitas baik secara konsisten, produk dengan kualitas terbaik, produk sesuai dengan yang dijanjikan, dan UKM busana muslim dengan kualitas terbaik dari segala aspek. Lima indikator lain dari aspek eksternal yaitu memiliki aturan dan standar kualitas pelayanan, melakukan evaluasi, memberikan pengalaman berbelanja yang baik, mengukur tingkat kepuasan konsumen, dan konsumen menikmati pengalaman yang diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan cross-sectional yang menggunakan metode kualitatif dimana data diperoleh melalui hasil observasi dan wawancara yang bersifat mendalam terhadap 10 UKM busana muslim pada satu kurun waktu tertentu. Data akan diolah menjadi pernyataan dan penjelasan yang detil. Hasil pengolahan data akan diukur menggunakan rubrik penilaian dengan menetapkan skor yang akan digunakan untuk melihat perbandingan tingkat inovasi dan kualitas pada 10 UKM yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dimensi inovasi produk, selalu memproduksi produk baru dengan minimal tiga produk merupakan indikator terbaik dan melakukan inovasi radikal merupakan indikator terburuk. Pada dimensi inovasi proses, menerapkan proses produksi yang lebih baik dibandingkan perusahaan lain merupakan indikator terbaik dan pemberian pelatihan kepada karyawan merupakan indikator terburuk. Pada dimensi kinerja kualitas, UKM dengan kualitas terbaik dari segala aspek merupakan indikator terburuk. Kualitas baik secara konsisten, produk sesuai yang dijanjikan, melakukan evaluasi, mengukur tingkat kepuasan konsumen, dan konsumen menikmati pengalaman berbelanja merupakan indikator terbaik dimensi kinerja kualitas. Berdasarkan hasil penelitian perusahaan perlu meningkatkan tingkat inovasi produk yang dilakukan sehingga tidak selalu menjadi pengikut tren saja dan memberikan pelatihan kepada karyawan agar meningkatkan kinerja. Perusahaan juga perlu meningkatkan kualitas dari segala aspek seperti kualitas produk, pelayanan, pemasaran, dan sistem operasi agar dapat menjadi UKM dengan kualitas terbaik. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Inovasi Produk en_US
dc.subject Inovasi Proses en_US
dc.subject Kualitas en_US
dc.subject UKM en_US
dc.subject Industri Busana Muslim en_US
dc.title Analisis inovasi dan kualitas pada 10 UKM industri busana muslim di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015120102
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411017501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account