Hubungan antara motivasi dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) anggota Volkswagen Club Bandung (VCB)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratikna, Rizka Nugraha
dc.contributor.author Widuanisa, Vebie
dc.date.accessioned 2019-10-23T04:36:54Z
dc.date.available 2019-10-23T04:36:54Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38163
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9346
dc.description 23668 - FE en_US
dc.description.abstract Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama dalam suatu proses dan kelompok-kelompok tertentu untuk mencapai tujuan bersama. Untuk mencapai tujuan organisasi, diperlukan tiga komponen penting, yaitu sekelompok orang, kerjasama, dan tujuan. Organisasi dipandang sebagai tempat dari orang-orang yang berusaha dan bekerjasama agar organisasi tersebut dapat berkembang dan tumbuh dalam industrinya. Volkswagen Club Bandung (VCB) adalah organisasi non-profit di Kota Bandung yang secara aktif bergerak di bidang otomotif dan didirikan pada tanggal 6 Mei 1982. Bentuk organisasi VCB berlandaskan hukum non-profit dan non-politik yang bersifat fleksibel serta disusun berdasarkan kebutuhan untuk mencapai maksud dan tujuan organisasi. Jenis aktivitas yang dilakukan di dalam organisasi ini yaitu Fun And Fast, Bandung Lautan VW, Bakti Sosial, Event Nasional, dan Event Internasional. Terdapat 500 orang anggota yang bergabung dalam Organisasi VCB. Motivasi merupakan pemacu atau dorongan yang didapatkan dalam setiap anggota agar bersedia dan rela untuk bergabung di dalam organisasi dan mengerjakan tugas yang diberikan. Perilaku atau sikap sukarela anggota ditujukan untuk meningkatkan efektivitas kinerja organisasi. Anggota dapat memberikan usaha terbaiknya dalam menjalankan tanggung jawab mereka dalam organisasi. Hal tersebut berdampak pada Organizational Citizenship Behavior (OCB). Organizational Citizenship Behavior (OCB) digambarkan sebagai tindakan yang bebas, sukarela, tidak untuk kepentingan diri sendiri melainkan pihak lain di dalam organisasi. OCB tidak diperintahkan secara formal, dan tidak diakui dengan kompensasi atau penghargaan formal (reward), dan memberi kontribusi pada keefektifan dan keefisienan fungsi organisasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan bersumber dari data primer yaitu melalui wawancara, kuesioner, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota aktif dari organisasi Volkswagen Club Bandung (VCB). Teknik sampling yang digunakan adalah Quota sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 106 orang responden. Hasil penelitian ini menunjukkan tingginya hubungan antara Motivasi dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) dalam Volkswagen Club Bandung (VCB). Hal ini dapat dilihat dari hasil uji koefisien korelasi Pearson yang menunjukkan angka 0.871**. Angka tersebut menggambarkan hubungan positif dan sangat kuat antara variabel Motivasi dan variabel Organizational Citizenship Behavior (OCB). Saran yang diberikan untuk meningkatkan Motivasi dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Volkswagen Club Bandung (VCB) dengan penyesuaian waktu komunikasi dalam rapat rutin agar anggota merasa bahwa kontribusi mereka berharga dalam organisasi serta menyelenggaraka forum diskusi antar anggota dengan waktu yang berdekatan dengan selesainya suatu event untuk memperkaya event selanjutnya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Motivasi en_US
dc.subject Organizational Citizenship Behavior en_US
dc.title Hubungan antara motivasi dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) anggota Volkswagen Club Bandung (VCB) en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015120171
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0407077906
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account