Abstract:
Industri otomotif memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia. Industri
otomotif di Indonesia terus berkembang, hal ini dapat dilihat dari penjualan mobil
yang cenderung terus meningkat, ekspor bertambah, dan perusahaan otomotif yang
menambah investasi modalnya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi penjualan mobil di Indonesia dan
untuk mengetahui penyebab dari kecenderungan penjualan mobil di Indonesia yang
meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik
estimasi (OLS) ordinary least square dengan sumber data time series dan dengan
rentang waktu tahun 1987-2017. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa
pertumbuhan PDB memiliki hubungan positif dan signifikan, sementara itu
pengangguran memiliki hubungan negatif dan signifikan terhadap penjualan.
Pertumbuhan populasi dan tingkat suku bunga pinjaman memiliki hubungan negatif
dan signifikan, sementara itu inflasi tidak signifikan.