dc.description.abstract |
Bisnis Coffee Shop yang tergabung dalam industri kuliner menjadi bisnis
yang diminati saat ini. Dengan status Indonesia sebagai produsen kopi terbesar ke
4 di dunia yang memperlihatkan melimpahnya bahan baku kopi, serta tren gaya
hidup yang mendorong pertumbuhan tingkat konsumsi, semakin memicu
pertumbuhan bisnis Coffee Shop. Sama Dengan Coffee Bandung merupakan
pemain baru dalam bisnis Coffee Shop di kota Bandung. Dengan banyaknya
pemain dan tingkat persaingan yang ketat dengan segala kreativitasnya di Kota
Bandung, Sama Dengan Coffee harus mengetahui ciri khas nya menggunakan
strategi diferensiasi guna dapat menemukan keunggulan bersaing.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan
metode penelitian kualitatif. Data atas objek penelitian di kumpulkan melalui
wawancara mendalam dan pengamatan (Observasi). Lalu, data dianalisis
menggunakan analisis value chain, dan analissi SWOT.
Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa Sama Dengan Coffee telah
melakukan sevice differentiation, image differentiation, people differentiation, dan
quality differentiation. Kemudian, berdasarkan analisis SWOT dengan memetakan
peluang dan ancaman sebagai hasil dari analisis lingkungan eksternal, serta
kekuatan dan kelemahan sebagai hasil dari analisis lingkungan internal berdasarkan
value chain, ditemukan potensi pengembangan diferensiasi Sama Dengan Coffee
sebagai strateginya. |
en_US |