Abstract:
Kalpa Tree merupakan cafe yang terkenal di Bandung, yang berdiri pada tahun 2017 dan beroperasi di jalan kiputih ini menjual berbagai macam makanan dan minuman. Kalpa Tree menawarkan suasana yang nyaman dan pemandangan yang indah bagi pengunjungnya. Cafe ini mengalami peningkatan jumlah pengunjung yang dapat dilihat dari grafik pengunjung bulan maret 2018 dan bulan agustus 2018 dan dari hasil observasi penulis dari bulan maret sampai desember 2018.
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan penulis ke 20 responden, hasil yang didapatkan adalah banyak orang yang merasa bahwa Cafe Kalpa Tree ini memiliki store atmosphere yang bagus dan menarik. Selain itu, banyak orang yang juga merasa keadaan emosional mereka terpengaruh oleh suasana di cafe ini sehingga mereka senang ketika berada di cafe ini. Tapi hal ini perlu dibuktikan melalui penelitian tentang pengaruh store atmosphere terhadap customer emotion.
Berdasarkan judul penelitian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh store atmosphere terhadap customer emotion di Cafe Kalpa Tree Bandung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal, dan metode yang digunakan adalah metode penelitian survei. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik accidental sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 200 responden, dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana.
Hasil dari penelitian ini menunjukan store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap customer emotion di Cafe Kalpa Tree Bandung.