Abstract:
Terdapat lima tren dalam sejarah komputer yang dominan selama perkembangannya, yaitu
ubiquity, interconnection, intelligence, delegation, dan human-orientation. Kelima tren tersebut
mengacu pada satu hal, yaitu semakin berperannya komputer dalam kehidupan sehari-hari.
Para ilmuwan dalam bidang komputer kemudian mulai menyebut program-program komputer
tersebut dengan nama agen. Agen adalah sebuah program komputer yang otonom, yaitu bisa
menentukan langkah yang harus diambil secara independen. Secara konsep, umumnya agen
akan dilengkapi dengan suatu bentuk sensor penglihatan serta alat gerak yang bentuknya tidak
harus fisik (nyata). Kumpulan agen yang beraktivitas pada suatu environment disebut sistem
multi agen (MAS). Untuk memahami cara kerja MAS, akan dikembangkan sebuah perangkat
lunak berupa simulasi permainan bola basket yang dimodifikasi serta disederhanakan yang diberi
nama bola basket mini.
Pengembangan perangkat lunak akan dilakukan menggunakan framework jason. Jason
menggunakan agen dengan arsitektur goal-based dan Belief, Desire, Intention (BDI). Konstruksi
entitas agen beserta environment-nya dilakukan menggunakan dua bahasa pemrograman, yaitu
agentspeak dan java. Perancangan agen dilakukan dengan mendefinisikan tiga atribut : persepsi
informasi dari environment; aksi yang dapat dilakukan pada environment; serta komunikasi
apa saja yang dapat dilakukan antar agen. Sementara itu, perancangan environment dilakukan
dengan mengidentifikasi sifat environment itu sendiri dan mempelajari library yang terdapat
pada jason.
Terdapat dua jenis pengujian untuk menguji perangkat lunak permainan basket ball mini
berbasis MAS, yaitu pengujian fungsional dan eksperimen. Berdasarkan hasil pengujian, dapat
disimpulkan bahwa perangkat lunak MAS telah berjalan dengan baik dan player dengan tingkat
atau level kecerdasan yang lebih tinggi memiliki peluang memenangkan pertandingan yang lebih
besar. Untuk potensi pengembangan, jumlah pemain dapat ditambah sehingga menghasilkan
simulasi permainan bola basket yang utuh. Selain itu, tampilan dan rancangan MAS dapat
diperbaiki agar status skor player dapat terlihat lebih jelas dan permainan dapat berjalan lebih
dinamis.