Pemanfaatan smartphone sebagai pengendali permainan berbasis web

Show simple item record

dc.contributor.advisor Moertini, Veronica Sri
dc.contributor.author Pangestu, Priambodo
dc.date.accessioned 2019-08-23T01:04:39Z
dc.date.available 2019-08-23T01:04:39Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp37316
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8989
dc.description 1569 - FTIS en_US
dc.description.abstract Socket.io merupakan sebuah pustaka yang menyediakan fitur untuk melakukan komunikasi secara real-time dan dua arah antara client dan server. Dengan menggunakan Socket.io, client dapat mengirimkan pesan kepada server dan menerima respon tanpa harus melakukan polling, yang berarti proses pengecekan secara berulang terhadap server untuk mengetahui apakah server masih tersambung atau tidak. Fitur-fitur yang dimiliki oleh Socket.io dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan aplikasi web yang membutuhkan komunikasi real-time. Salah satu pemanfaatan pustaka Socket.io adalah permainan berbasis web. Permainan berbasis web yang akan dibangun dinamakan Finger For Life. Permainan ini memanfaatkan teknologi smartphone dan PC, di mana smartphone akan berperan sebagai pengendali di dalam permainan, dan PC akan berperan sebagai console yang akan menyediakan permainan. Untuk memainkan permainan, smartphone harus terkoneksi ke PC melalui browser. Oleh karena itu, fitur yang dimiliki oleh Socket.io digunakan untuk melakukan koneksi antara smartphone dan PC. Dengan penggunaan Socket.io di dalam pengembangan aplikasi Finger For Life, diharapkan ukuran latency yang dihasilkan pada saat memainkan permainan akan sangat kecil. Latency merupakan jarak waktu yang dihasilkan pada saat suatu konten atau data dikirimkan dari client menuju server, maupun sebaliknya. Ukuran latency yang dihasilkan akan sangat berpengaruh pada saat tombol yang ada di smartphone ditekan, dengan respon yang diberikan oleh PC berdasarkan aksi tersebut. Semakin kecil ukuran latency yang dihasilkan maka akan semakin cepat respon yang diberikan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi dan Sains - UNPAR en_US
dc.subject Socket.io en_US
dc.subject pemanfaatan en_US
dc.subject smartphone en_US
dc.subject PC en_US
dc.subject pengendali en_US
dc.subject permainan en_US
dc.subject web en_US
dc.subject browser en_US
dc.subject latency en_US
dc.title Pemanfaatan smartphone sebagai pengendali permainan berbasis web en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013730055
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0414076203
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI618#Teknik Informatika


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account