Abstract:
Socket.io merupakan sebuah pustaka yang menyediakan fitur untuk melakukan komunikasi
secara real-time dan dua arah antara client dan server. Dengan menggunakan Socket.io, client
dapat mengirimkan pesan kepada server dan menerima respon tanpa harus melakukan polling,
yang berarti proses pengecekan secara berulang terhadap server untuk mengetahui apakah server
masih tersambung atau tidak. Fitur-fitur yang dimiliki oleh Socket.io dapat dimanfaatkan untuk
mengembangkan aplikasi web yang membutuhkan komunikasi real-time. Salah satu pemanfaatan
pustaka Socket.io adalah permainan berbasis web.
Permainan berbasis web yang akan dibangun dinamakan Finger For Life. Permainan ini
memanfaatkan teknologi smartphone dan PC, di mana smartphone akan berperan sebagai
pengendali di dalam permainan, dan PC akan berperan sebagai console yang akan menyediakan
permainan. Untuk memainkan permainan, smartphone harus terkoneksi ke PC melalui browser.
Oleh karena itu, fitur yang dimiliki oleh Socket.io digunakan untuk melakukan koneksi antara
smartphone dan PC.
Dengan penggunaan Socket.io di dalam pengembangan aplikasi Finger For Life, diharapkan
ukuran latency yang dihasilkan pada saat memainkan permainan akan sangat kecil. Latency
merupakan jarak waktu yang dihasilkan pada saat suatu konten atau data dikirimkan dari client
menuju server, maupun sebaliknya. Ukuran latency yang dihasilkan akan sangat berpengaruh
pada saat tombol yang ada di smartphone ditekan, dengan respon yang diberikan oleh PC
berdasarkan aksi tersebut. Semakin kecil ukuran latency yang dihasilkan maka akan semakin
cepat respon yang diberikan.