Abstract:
PT X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan pompa air dengan
berbagai merek yang terdiri dari Grundfos, ShowFou Pump, Franklin Electric, Torishima,
Koshin, Ebara, dan APP. Terdapat beberapa masalah yang ditemukan yaitu buku yang
menggambarkan grafik pompa air yang sudah usang dan sulit untuk dibaca. Hal tersebut
menyebabkan pegawai membuat kesalahan dalam pencarian informasi tipe pompa air.
Selain itu, sistem informasi di PT X masih manual sehingga rentan terjadi kesalahan.
Masalah lainnya adalah daftar ketersediaan pompa air tidak diperbaharui secara rutin dan
tidak dilakukan dengan benar, sehingga terjadi ketidaksesuaian jumlah barang di daftar
ketersediaan barang dan barang yang ada di PT X. Berdasarkan masalah tersebut,
kemudian diusulkan perancangan sistem informasi dengan menggunakan metode System
Development Life Cycle (SDLC). Metode SDLC terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan
(planning), analisis (analyse), perancangan (design), dan implementasi (implementation).
Pada tahap perencanaan dilakukan identifikasi masalah yang ada di PT X. Tahap analisis
akan menganalisis kebutuhan informasi yang dibutuhkan dan usulan dari setiap masalah
yang dijabarkan sebelumnya. Tahap perancangan dilakukan dengan pembuatan context
diagram dan Data Flow Diagram (DFD), perancangan basis data dengan menggunakan
metode DDA (Design Database based on Activities), dan normalisasi database. Tahap
terakhir yaitu implementasi akan dirancang form terstruktur dan user interface dari
tekonologi informasi yang diusulkan, serta SOP (Standar Operasi Prosedur) dari aktivitas
pembaharuan daftar ketersediaan barang. Dengan perancangan informasi tersebut
diharapkan dapat mencapai kriteria performansi yang dicapai oleh perusahaan. Penelitian
ini diharapkan dapat mengatasi masalah yang terjadi di PT X dan membuat aktivitas yang
ada di PT X menjadi lebih baik.