Abstract:
Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui pengaruh country of origin terhadap minat pembelian konsumen Kafe Harliman Boulangerie Patisserie Bandung. Penelitian ini difokuskan pada orientasi produk terkait persepsi konsumen pada beberapa produk kuliner Eropa tertentu yang pada kasus ini merupakan produk Kafe Harliman Boulangerie Patisserie Bandung.
Penelitian ini berjenis eksplanatori dan menggunakan metode survei dengan membagikan alat berupa kuesioner kepada 100 orang responden. Responden dipilih dengan menggunakan metode convenience sampling. Jenis data yang didapat merupakan data primer yang kemudian diolah secara kuantitatif. Selain itu, penulis juga mengumpulkan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan studi literatur yang didukung dengan beberapa penelitian terdahulu.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan dan positif variabel country of origin terhadap variabel minat pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini, didapatkan juga nilai koefisien determinasi sebesar 0.301 yang artinya persepsi mengenai negara asal produk menimbulkan daya tarik sebesar 30.1% terhadap minat pembelian konsumen Kafe Harliman Boulangerie Patisserie Bandung. Hal ini juga berarti bahwa kenaikan country of origin dapat meningkatkan minat beli.
Penelitian ini dapat digunakan untuk membantu para pemasar dalam menetapkan strategi penjualan dengan memahami lebih wawasan pasar yang salah satunya merupakan variabel country of origin. Penelitian ini juga dapat berguna untuk para akademisi, para pemilik usaha, dan penulis lainnya pada masa yang akan datang dalam memahami country of origin. Penelitian selanjutnya sebaiknya memasukkan variabel terkait lainnya dan melebarkan rentang fokus sehingga dapat mengetahui pengaruh country of origin terhadap aspek bisnis secara keseluruhan.