Abstract:
Sejak dulu, makanan sudah menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat disamping sandang dan papan. Makanan , dalam perkembangannya selain menjadi kebutuhan juga telah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat, baik makanan buatan sendiri maupun makanan instan. Ginding Food merupakan salah satu perusahaan pendatang baru yang menjual produk makanan instan dengan menawarkan beberpa keunggulan, salah satunya adalah Elemen Produk.
Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah keunggulan yang ditawarkan oleh Ginding Food yaitu elemen produk, dapat mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen khususnya di Kota Bandung.
Jenis penelitian ini adalah hubungan kausal yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari elemen produk terhadap keputusan pembelian konsumen di Bandung terhadap produk makanan instan Ginding Food. Metode penelitian ini adalah metode survei dengan mengumpulkan data melalui kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling dengan jumlah sampe 100 responden.
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, elemen produk yang ditawarkan oleh Ginding Food berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Bandung sebesar 61,6%, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,785 yang termasuk dalam kategori kuat.
Berdasarkan tabel tanggapan responden diperoleh garis kontinum bauran pemasaran jasa yang termasuk dalam kategori setuju. Maka ditarik kesimpulan bahwa elemen produk yang ditawarkan oleh Ginding Food sudah baik. Berdasarkan tabel peringkat tanggapan responden, terdapat 3 pernyataan dengan peringkat terendah yang perlu Ginding Food perhatikan dan perbaiki untuk lebih maju dan berkembang.