Abstract:
PT. Jasa Marga (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang jasa jalan tol, menjadi salah satu sektor ekonomi bagi negara. Dalam upaya peningkatan pelayanan bagi pengguna jalan tol maupun mengoptimalkan aset, Perseroan melakukan pengembangan usaha non tol yang mendukung pengembangan dan pengoperasian jalan tol melalui pengembangan bisnis pada koridor jalan tol atau pengembangan bisnis yang memanfaatkan kompetensi Perseroan. Semakin tingginya tingkat persaingan usaha sekarang ini, mengharuskan perusahaan untuk mengelola bisnisnya sebaik mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan usaha perusahaan dalam upaya peningkatan pendapatan selain dari bisnis intinya dan mengetahui peran kontribusi pihak lain serta aliansi seperti apa yang dapat meningkatkan pendapatan bagi perusahaan yang ditunjang oleh kompetensi perusahaan miliki. Strategi diversifikasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kinerja bisnis yang ada dengan jalan mengidentifikasi peluang untuk menambah bisnis lain yang tidak berkaitan dengan bisnis inti perusahaan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif analitis yang menggunakan pendekatan kualitatif dan dalam teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara secara terstruktur maupun tidak terstruktur. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa PT. Jasa Marga (Persero) behasil menambah pendapatannya dengan strategi diversifikasi yang dijalankannya. Pada tahun 2012 sampai dengan 2017, perusahaan selalu mencapai angka yang telah direncanakan dan bahkan relatif meningkat.