Abstract:
Gastrodiplomasi sebagai salah satu bentuk diplomasi publik biasa
digunakan oleh negara – negara berkekuatan menengah seperti Indonesia untuk
meningkatkan citra positif dan memperkenalkan budayanya kepada dunia
internasional. Dengan kekayaan kuliner yang dimiliki Indonesia, diplomasi ini
dilaksanakan sebagai upaya pengenalan dan promosi Indonesia kepada masyarakat
Inggris yang merupakan salah satu negara sahabat dari benua Eropa. Penelitian ini
dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan upaya gastrodiplomasi Indonesia terhadap
Inggris sebagai salah satu metode diplomasi publik untuk memperkenalkan budaya
Indonesia dan mempromosikan Indonesia. Untuk menjawab pertanyaan penelitian
“Bagaimana bentuk dan pola gastrodiplomasi Indonesia terhadap publik di
Inggris?”, penulis menggunakan konsep diplomasi multijalur dari Diamond dan
McDonald, diplomasi publik dan gastrodiplomasi dari Rockower Metode yang
penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu yang
menggunakan data – data deskriptif melalui studi literatur dari berbagai sumber yang
dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan. Bentuk dan pola gastrodiplomasi
Indonesia telah berhasil meningkatkan minat masyarakat Inggris atas masakan dan
budaya Indonesia serta mempererat hubungan diplomatik antara keduanya.