Pengaruh #MeToo sebagai gerakan sosial dalam membentuk opini publik Amerika Serikat

Show simple item record

dc.contributor.advisor Djelantik, Sukawarsini
dc.contributor.author Diva, Maghfira Adzhani
dc.date.accessioned 2019-08-02T09:23:41Z
dc.date.available 2019-08-02T09:23:41Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp37802
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8514
dc.description 8719 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh gerakan sosial #MeToo dalam membentuk opini publik Amerika Serikat melalui Twitter. Untuk menjawab pertanyaan “Bagaimana pengaruh gerakan #MeToo dalam membentuk opini publik Amerika Serikat melalui Twitter?”. Penelitian ini menggunakan analisi model komunikasi pertama Schramm. Model ini menunjukkan bagaimana proses komunikasi berlangsung, dengan hambatan dan timbal balik yang pasti muncul. Dalam penelitian ini, Twitter merupakan media penghubung bagi gerakan sosial #MeToo yang bergerak untuk menghentikan pelecehan dan kekerasan seksual. Guna menghentikan permasalahan tersebut, #MeToo membutuhkan media untuk menyampaikan pesan gerakannya pada masyarakat. Dalam hal ini, Twitter mengambil peran yang penting bagi gerakan sosial seperti #MeToo. Dengan kecepatan yang dimiliki Twitter, gerakan #MeToo dapat dengam mudah menyalurkan pesan dan mengubah opini publik Amerika Serikat. Untuk melihat keberhasilan komunikasi antara gerakan sosial dan opini publik dengan bantuan media, dilakukan penelitian menggunakan model komunikasi Schramm. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi gerakan sosial melalui media dengan hambatan yang berbeda, akan menghasilkan timbal balik yang juga berbeda. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject analisis komunikasi en_US
dc.subject model komunikasi Schramm en_US
dc.subject #MeToo en_US
dc.subject Twitter en_US
dc.subject opini publik en_US
dc.subject Amerika Serikat en_US
dc.title Pengaruh #MeToo sebagai gerakan sosial dalam membentuk opini publik Amerika Serikat en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014330020
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0416066401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account