Abstract:
Budaya bersepeda di Belanda telah dikenal oleh seluruh belahan dunia
dikarenakan menjadi sesuatu yang mampu membangun gaya hidup sehat, kualitas
hidup meningkat, dan perekonomian terdongkrak. Pemerintah Belanda yang
memiliki tujuan untuk membagikan tren positif ini ke negara-negara lain mendapat
dukungan dari masyarakatnya juga. Tahun 2014, menjadi langkah awal hubungan
negara Belanda dengan Australia untuk yang pertama kalinya dalam bidang
transportasi sepeda. Secara khusus juga, pemerintah Belanda menghadiri Kota
Sydney bertepatan dengan acara olahraga internasional, Sydney Rides Festival
2014. Namun, masih perlu diketahui faktor-faktor yang melatarbelakangi interaksi
kedua belah negara tersebut dilihat dari teori nation branding dalam konteks
budaya bersepeda.
Pertanyaan penelitian yang dijawab yaitu apa saja faktor pendorong
interaksi pemerintah Belanda dengan Australia melalui Dutch Cycling Embassy di
tahun 2014? Penelitian ini diteliti dengan memperlihatkan beberapa faktor yang
menjadi pendorong interaksi pemerintah Belanda dengan Australia melalui melalui
Dutch Cycling Embassy (DCE), sebuah organisasi non-pemerintah yang terbentuk
dari kumpulan orang Belanda yang sadar dan peduli dengan pengetahuan dari
budaya bersepedanya yang telah ada lama. Peristiwa ini diteliti dengan
menggunakan sejumlah pemahaman dari nation branding, seperti, delapan
komponen brand identity dan ditunjukan dalam bentuk nation brand; dan The
Category Flow Model of Nation Branding. Mengacu pada pemahaman yang
digunakan, ditemukan dorongan pemerintah Belanda dan tiga buah strategi resmi
pemerintah Australia yang dituangkan dalam bentuk action plan untuk diterapkan
pada masyarakatnya. Ketiga strategi bersepeda Australia tersebut dikeluarkan
masing-masing oleh pemerintah Australia, pemerintah NSW, dan pemerintah Kota
Sydney, yang dimana ketiganya memiliki visi serupa serta saling mendukung satu
dengan yang lain. Terakhir, ketiga strategi tersebut diwujudkan salah satunya
dengan kunjungan yang dilakukan satu bulan sebelum Sydney Rides Festival 2014
berlangsung oleh perwakilan Australia ke negara Belanda. Dengan digunakannya
teori yang sesuai untuk menjelaskan penelitian ini, dapat dinilai bahwa pengaruh
pemerintah Belanda, tiga buah strategi dari Australia, dan satu peristiwa yang telah
disebutkan itu menjadi latar belakang kunjungan pemerintah Belanda ke Kota
Sydney untuk yang pertama kalinya dalam konteks bersepeda.