Nation branding Indonesia melalui Wonderful Indonesia tahun 2015-2017

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dwikardana, Sapta
dc.contributor.author Claudia, Cyntia
dc.date.accessioned 2019-08-02T06:33:11Z
dc.date.available 2019-08-02T06:33:11Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp37787
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8481
dc.description 8704 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian ini akan membahas proses adaptasi diplomasi Indonesia dalam era globalisasi dan revolusi teknologi. Pemerintah berdiplomasi digital untuk melaksanakan nation branding melalui sektor pariwisata yang dilabeli Wonderful Indonesia. Sasaran utamanya adalah untuk memenuhi kepentingan nasional yakni citra positif, dan meningkatkan jumlah kunjungan turis asing. Tujuannya yaitu menjawab rumusan masalah “bagaimana strategi nation branding Indonesia melalui kampanye Wonderful Indonesia tahun 2015-2017”. Pertanyaan tersebut akan dijawab menggunakan teori diplomasi digital dimana para diplomat berkomunikasi dengan masyarakat dalam proses pencapaian kepentingan melalui media sosial; serta teori nation branding yang menjelaskan penerapan strategi pemasaran perusahaan pada sebuah negara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis konten yang berfokus pada pengumpulan konteks yang bermakna sama ke dalam beberapa kategori sehingga akan menghasilkan model yang saling berhubungan. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa pengguna internet lebih menyukai komunikasi media sosial oleh pihak swasta yang lebih interaktif, dibandingkan cara komunikasi pemerintah yang cenderung satu arah. Hal ini berpengaruh pada efektivitas diplomasi digital dalam hubungan internasional. Walaupun telah memenuhi kepentingan nasional yakni, peningkatan jumlah turis asing dan citra positif, diplomasi digital dalam melakukan nation branding Indonesia dinilai belum efektif karena komunikasi pemerintah yang cenderung satu arah. Komunikasi dua arah sangat penting dalam aktivitas diplomasi digital dan nation branding untuk mendapatkan respon sehingga dapat diolah menjadi suatu kebijakan dan strategi baru. Kontribusi pariwisata dalam hubungan internasional adalah sebagai salah satu aspek dalam soft diplomacy, dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi suatu negara. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Diplomasi Publik en_US
dc.subject Digitalisasi en_US
dc.subject Nation Branding en_US
dc.subject Pariwisata en_US
dc.subject Wonderful Indonesia en_US
dc.title Nation branding Indonesia melalui Wonderful Indonesia tahun 2015-2017 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013330113
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423096101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account