Upaya-upaya diplomasi publik KBRI London dalam memperkenalkan pariwisata Indonesia di London

Show simple item record

dc.contributor.advisor Indraswari, Ratih
dc.contributor.author Susanto, Giovani Benita
dc.date.accessioned 2019-08-01T09:29:27Z
dc.date.available 2019-08-01T09:29:27Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp37089
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8401
dc.description 8493 - FISIP en_US
dc.description.abstract Indonesia melihat sektor pariwisata sebagai sektor yang penting terutama bagi perekonomian bangsa. Pariwisata merupakan penyumbang devisa negara dan juga lapangan kerja yang sangat berguna bagi negara Indonesia. Karena itu Indonesia perlu meningkatkan promosi pariwisatanya di mancanegara terlebih dengan adanya sasaran strategis pada masa pemerintahan Presiden Jokowi mengenai pencapaian 20 juta wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Sebagai pemasok wisatawan terbesar dari Eropa ke Indonesia, Inggris memiliki potensi yang cukup besar terhadap target Indonesia tersebut. Untuk memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata Indonesia, KBRI London sebagai perwakilan RI di wilayah Inggris telah melakukan berbagai upaya meliputi diplomasi publik. Skripsi ini akan membahas bagaimana upaya diplomasi publik yang dilakukan KBRI London dalam memperkenalkan pariwisata Indonesia di London dengan mengkategorikan diplomasi publik menjadi lima komponen (Mendengarkan, Advokasi, Pertukaran, Diplomasi Budaya, Penyiaran Internasional) berdasarkan Nicholas J. Cull. Dalam implementasnya, KBRI London dibantu dengan aktor non negara yang tidak menggantikan namun turut mengefektifitaskan aktivitas diplomasi publik yang dilakukan KBRI London sebagai aktor utama. Dalam upayanya KBRI London telah menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti forum, festival kebudayaan, pentas seni, pertukaran pelajar, penggunaan sosial media dan kegiatan promosi lainnya . Dari kelima komponen tersebut komponen diplomasi budaya dan penyiaran internasional menjadi komponen yang paling menonjol. Festival Indonesia Weekend, pagelaran sentra tari yang termasuk dalam komponen diplomasi budaya dan penggunaan sosial media serta pemasangan Logo Wonderful Indonesia yang termasuk dalam komponen penyiaran internasional memberikan informasi yang beguna dalam memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata Indonesia. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Indonesia en_US
dc.subject Inggris en_US
dc.subject London en_US
dc.subject Diplomasi Publik en_US
dc.subject KBRI London en_US
dc.subject Pariwisata en_US
dc.title Upaya-upaya diplomasi publik KBRI London dalam memperkenalkan pariwisata Indonesia di London en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014330021
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0405068602
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account