Propaganda Presiden Hugo Chavez sebagai respons terhadap intervensi Amerika Serikat di Venezuela tahun 2002-2013

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dwikardana, Sapta
dc.contributor.author Kristiana, Debora
dc.date.accessioned 2019-08-01T06:32:01Z
dc.date.available 2019-08-01T06:32:01Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp37097
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8369
dc.description 8501 - FISIP en_US
dc.description.abstract Sebagai negara pengekspor minyak terbesar di kawasan, Venezuela menjadi salah satu agenda utama Amerika Serikat dalam memperjuangkan kepentingan ekonominya. Namun kehadiran Presiden Hugo Chavez untuk membebaskan Venezuela dari imperialisme telah menghambat tujuan AS. Berbagai strategi propaganda digunakan Chavez dengan media massa sebagai alat utamanya. Dengan metodologi penelitian kualitatif melalui pengumpulan data studi dokumen dan materi audio-visual, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana faktor kepribadian Presiden Hugo Chavez dapat membentuk propaganda sebagai respons terhadap intervensi Amerika Serikat di Venezuela tahun 2002 - 2013. Teori Neo-Marxisme, dependency, dan intervensi serta konsep propaganda dan psikobiografi digunakan untuk melakukan penelitian kualitatif ini. Dari penelitian ditemukan bahwa setelah upaya kudeta yang dilakukan kelompok oposisi dan intervensi AS dilakukan, Chavez bangkit dengan berbagai strategi propaganda untuk memperjuangkan legitimasi kekuasaannya. Menganalisis dengan teknik propaganda dari The Institute of Propaganda Analysis, dapat disimpulkan bahwa media massa menjadi alat yang paling banyak digunakan oleh Chavez untuk menjalankan propagandanya. Propaganda yang dilakukan Chavez merupakan strategi yang efektif dengan kemunculan Lingkaran Bolivarian diseluruh Venezuela hingga mancanegara. Propaganda dinilai efektif karena mampu mencapai tujuan Chavez membangun Revolusi Bolivarian yaitu memerangi imperialisme dan meningkatkan kesejahteraan hidup rakyat Venezuela. Efektifitas kedua juga dilihat dari kemampuan Chavez mengendalikan rintangan dalam mencapai tujuannya, salah satu yang paling terlihat adalah kehadiran kelompok oposisi dan intervensi dari AS yang berhasil dikalahkan. Pemahaman mengenai faktor kepribadian Chavez melalui metode psikobiografi merupakan latar belakang dari berbagai strategi propaganda yang Ia buat. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.title Propaganda Presiden Hugo Chavez sebagai respons terhadap intervensi Amerika Serikat di Venezuela tahun 2002-2013 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014330069
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423096101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account