Penggunaan aplikasi permainan Next Door Land sebagai media promosi kebudayaan Indonesia dan Australia

Show simple item record

dc.contributor.advisor Indro, P.Y. Nur
dc.contributor.author Wiramentaya, Aditya Anugerah
dc.date.accessioned 2019-08-01T06:14:06Z
dc.date.available 2019-08-01T06:14:06Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp37081
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8367
dc.description 8485 - FISIP en_US
dc.description.abstract Mempromosikan kebudayaan merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh suatu negara untuk membangun citra positif dan meningkatkan pemahaman serta rasa saling menghargai satu sama lain. Hal tersebut dilakukan untuk menjalin hubungan baik antar negara. Salah satu contoh upaya negara dalam mempromosikan kebudayaan adalah melalui festival kebudayaan. Teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih membuat upaya mempromosikan kebudayaan dapat dilakukan melalui berbagai media, salah satunya adalah video game. Penelitian ini fokus kepada bagaimana video game dapat menjadi media promosi kebudayaan. Penelitian ini berjudul “Penggunaan Aplikasi Permainan Next Door Land sebagai Media Promosi Kebudayaan Indonesia dan Australia”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu “Bagaimana aplikasi permainan Next Door Land hasil kerjasama Indonesia dan Australia dapat menjadi sarana untuk mempromosikan kebudayaan dan kekayaan alam yang ada di kedua negara?”. Penelitian ini menggunakan berbagai konsep seperti kerjasama internasional, interdependensi, teori diplomasi publik serta konsep diplomasi digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan metode studi dokumen dimana sumber data berasal dari buku dan artikel – artikel dari internet. Hasil penelitian yang ditemukan, Indonesia dan Australia menggunakan sebuah media baru berupa media digital interaktif dan edukatif. Media digital yang digunakan oleh kedua negara tersebut adalah video game. Indonesia dan Australia menggunakan aplikasi permainan Next Door Land sebagai media promosi kebudayaan kedua negara. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara Indonesia dan Australia karena kedua negara tersebut memiliki hubungan yang penting karena memiliki kedekatan secara geografis. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Promosi Kebudayaan en_US
dc.subject Media Baru en_US
dc.subject Video Game en_US
dc.title Penggunaan aplikasi permainan Next Door Land sebagai media promosi kebudayaan Indonesia dan Australia en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2012330006
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account