Abstract:
Mempromosikan kebudayaan merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh suatu negara untuk membangun citra positif dan meningkatkan pemahaman serta rasa saling menghargai satu sama lain. Hal tersebut dilakukan untuk menjalin hubungan baik antar negara. Salah satu contoh upaya negara dalam mempromosikan kebudayaan adalah melalui festival kebudayaan. Teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih membuat upaya mempromosikan kebudayaan dapat dilakukan melalui berbagai media, salah satunya adalah video game. Penelitian ini fokus kepada bagaimana video game dapat menjadi media promosi kebudayaan. Penelitian ini berjudul “Penggunaan Aplikasi Permainan Next Door Land sebagai Media Promosi Kebudayaan Indonesia dan Australia”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu “Bagaimana aplikasi permainan Next Door Land hasil kerjasama Indonesia dan Australia dapat menjadi sarana untuk mempromosikan kebudayaan dan kekayaan alam yang ada di kedua negara?”.
Penelitian ini menggunakan berbagai konsep seperti kerjasama internasional, interdependensi, teori diplomasi publik serta konsep diplomasi digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan metode studi dokumen dimana sumber data berasal dari buku dan artikel – artikel dari internet.
Hasil penelitian yang ditemukan, Indonesia dan Australia menggunakan sebuah media baru berupa media digital interaktif dan edukatif. Media digital yang digunakan oleh kedua negara tersebut adalah video game. Indonesia dan Australia menggunakan aplikasi permainan Next Door Land sebagai media promosi kebudayaan kedua negara. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara Indonesia dan Australia karena kedua negara tersebut memiliki hubungan yang penting karena memiliki kedekatan secara geografis.