Pembentukan opini publik oleh media Daily Express dan The Guardian selama masa referendum Brexit 2016

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermawan, Yulius Purwadi
dc.contributor.author Robayana, Sabilla Hamami
dc.date.accessioned 2019-08-01T03:28:30Z
dc.date.available 2019-08-01T03:28:30Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp37132
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8354
dc.description 8536 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan pembingkaian (framing) yang dilakukan oleh dua media yang berbeda di Inggris, Daily Express dan The Guardian, selama masa referendum Brexit 2016. Untuk menjawab pertanyaan “Bagaimana framing ‘The Daily Express’ dan ‘The Guardian’ di Inggris dapat membentuk opini publik selama masa referendum 2016 berlangsung?”, penelitian ini menggunakan konsep framing analysis oleh Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Konsep ini merupakan sebuah cara untuk mengetahui bagaimana media massa dengan framing yang berbeda, baik dari penulisan berita hingga penggunaan katakata, dapat mempengaruhi opini publik. Dalam penelitian ini, Daily Express merupakan salah satu media yang pro terhadap Brexit dan cenderung untuk menggunakan kata-kata hingga judul berita yang berani dan lebih terus terang. Framing headline yang digunakan oleh Daily Express cenderung agresif dan lebih banyak menyinggung isu imigran. Framing foto yang digunakan pun bersifat repetitif, agresif dan menggunakan kata yang kontroversial. Di sisi lain, framing Guardian lebih banyak menggunakan judul, pemilihan kata-kata yang intelektual dan menggunakan foto yang bersifat netral. Framing isi berita yang dilakukan Guardian pun lebih banyak menyelipkan angka, data hingga survey. Untuk menjelaskan bagaimana kedua media tersebut mempunyai peran dalam membentuk opini publik yang berbeda, dilakukan penelitian menggunakan analisis framing masing-masing media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media dengan teknik framing yang berbeda, dapat mempengaruhi hasil yang berbeda. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject analisis framing en_US
dc.subject Brexit en_US
dc.subject referendum en_US
dc.subject Daily Express en_US
dc.subject Guardian en_US
dc.title Pembentukan opini publik oleh media Daily Express dan The Guardian selama masa referendum Brexit 2016 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014330051
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412046802
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account