Abstract:
Fokus penelitian ini adalah pengukuran tingkat kinerja pelayanan perpanjangan surat izin mengemudi Keliling Online dan Outlet Polrestabes Bandung.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kinerja berdasarkan persepsi pengguna layanan di layanan perpanjangan perpanjangan surat izin mengemudi Keliling Online dan Outlet Polrestabes Bandung.
Penelitian ini menggunakan 3 dimensi pengukuran kinerja yang dikemukakan oleh Neil Carter, Rudolf Klein dan Patricia Day terdiri dari dimensi input, process, dan output yang menghasilkan 3 kategori tingkat
yaitu rendah, sedang, dan tinggi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data kuesioner dan wawancara.
Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 155 responden pengguna layanan.
Jumlah responden perpanjangan perpanjangan SIM Keliling Online sebanyak 87 orang dan Outlet BTC sebanyak 68 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan tingkat kinerja program layanan perpanjangan SIM Keliling Online dan Outlet BTC kecenderungan pada kategori antara sedang ke tinggi karena tidak berbeda jauh
antara jumlah persentase dengan kinerja layanan yang diselenggarakan.
Berdasarkan hasil uji beda Kruskal Wallis memiliki perbedaan hasil pada kinerja keseluruhan dan kinerja proses dikarenakan terdapat perbedaan yang siginifikan antara kinerja pelayanan
dengan perpanjangan SIM Keliling Online dan layanan Outlet BTC dari kinerja keseluruhan (8.116) dan dari kinerja process (19.308).