dc.contributor.advisor |
Barlian, Inge |
|
dc.contributor.author |
Nugraha, Adrian |
|
dc.date.accessioned |
2019-06-27T06:24:08Z |
|
dc.date.available |
2019-06-27T06:24:08Z |
|
dc.date.issued |
2018 |
|
dc.identifier.other |
skp37348 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/8290 |
|
dc.description |
23384 - FE |
en_US |
dc.description.abstract |
Dalam sebuah perusahaan, penjualan kredit merupakan sebuah
aktivitas penting yang dilakukan dengan tujuan untuk menjaga konsumen agar tidak
beralih pilihan pada produk yang dijual pesaingnya. Seiring dengan berjalannya
penjualan kredit tersebut, aktivitas penjualan kredit memiliki risiko adanya piutang
yang macet ataupun tak tertagih. Untuk perusahaan kecil dan menengah piutang
merupakan unsur penting yang ikut menentukan kelangsungan hidup perusahaan
tersebut. Melihat adanya risiko tersebut, penelitian ini ditujukan untuk memberikan
solusi mengenai penagihan piutang dan menekan piutang yang tak tertagih pada
perusahaan PD. MASA dengan menggunakan manajemen piutang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dimana
penelitian ini berusaha mengumpulkan, menganalisa, dan menyajikan data secara
sistematis sehingga memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai objek yang
diteliti untuk dapat ditarik kesimpulan serta dapat dijadikan sebuah solusi atau
rekomendasi. Data yang didapat merupakan data primer yang diperoleh melalui
wawancara dan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan selama tahun
2017. Teknik yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan studi kepustakaan.
PD.MASA merupakan perusahaan yang menjual kentang berlokasi di
Garut. Dalam menjalankan usahanya PD. MASA banyak berurusan dengan
penjualan secara kredit. PD. MASA tidak memberikan syarat dalam penjualan
kreditnya dan kurangnya pengawasan dalam kredit tersebut menyebabkan terjadi nya
kredit bermasalah pada tahun 2017. Rata-rata periode Tagih PD. MASA pada tahun
2017 adalah 77 hari dan perputaran piutanganya 5 kali dalam setahun.
Sebagai simpulan penulis mendapati bahwa PD. MASA memilik
jangka waktu penagihan piutang yang cukup lama ditambah dengan adanya kredit
macet yang cukup besar di tahun 2017. Penulis memberikan saran berupa
rekomendasi untuk memberikan syarat penjualan kredit berupa adanya pembatasan
pemberian kredit kepada pelanggan yang bermasalah dalam melunasi piutangnya.
Penulis juga menyarankan adanya sistem pencatatan penjualan dan piutang yang
lebih baik lagi agar PD. MASA dapat lebih mudah dalam melakukan pengawasan
piutang. |
en_US |
dc.language.iso |
Indonesia |
en_US |
dc.publisher |
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR |
en_US |
dc.subject |
piutang, piutang tak tertagih, manajemen piutang |
en_US |
dc.title |
Peranan manajemen piutang dagang dalam mengurangi kredit bermasalah PD. Masa |
en_US |
dc.type |
Undergraduate Theses |
en_US |
dc.identifier.nim/npm |
NPM2013120083 |
|
dc.identifier.nidn/nidk |
NUPN9990373192 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI603#Manajemen |
|