dc.description.abstract |
Seiring berkembangnya zaman tepatnya di kota Bandung, kafe baru terus
bermunculan khususnya kafe yang menyajikan konsep boardgame, live music, wifi
dengan menyajikan makanan bervariasi serta minuman-minuman seperti kopi, teh
maupun minuman fresh dari kandungan buah. Namun, tidak sedikit kafe yang buka
namun sepi pengunjung, maka dari itu para pebisnis kafe harus mengetahui apa
yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli ulang ke suatu kafe. Kafe
D’Cubes merupakan kafe dengan konsep boardgame, live music, dan wifi dengan
menyajikan minuman yang khas dari buah-buahan. Kafe ini sudah berdiri sekitar 3
tahun. Namun, kafe tersebut mengalami sepinya pengunjung di tahun 2018,
berdasarkan preliminary research pada kafe D’Cubes didapatkan hasil bahwa
sebagian besar konsumen kurang ingin melakukan pembelian ulang karena kualitas
produk makanan maupun minuman yang kurang memuaskan. Penelitian ini
bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh atribut produk terhadap niat beli ulang
konsumen pada kafe D’Cubes Dipatiukur. Variabel bebas (X) yang digunakan yaitu
atribut produk. Sedangkan variabel terkait (Y) yang digunakan yaitu niat beli ulang.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Pengumpulan
data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi literatur dan menyebarkan
kuesioner ke 100 responden dengan metode judgment sampling dimana responden
merupakan konsumen generasi milenial yang pernah mengunjungi dan membeli
produk di kafe D’Cubes Dipatiukur. Teknik analisa data yang digunakan berupa
analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian
menunjukan bahwa atribut produk (X) berpengaruh secara positif terhadap niat beli
ulang. Besarnya pengaruh masing-masing variabel independen tersebut terhadap
niat beli ulang yaitu atribut produk sebesar 58,3%. |
en_US |