Abstract:
Kolam Renang Abadi Sport Center merupakan salah satu kolam renang yang ada di Kota Bandung yang terdiri dari dua kolam renang serta digunakan untuk umum. Abadi Sport Center terletak pada Jalan Abadi 287B, Setiabudi, Bandung, Jawa Barat. Abadi Sport Center merupakan sebuah pusat kebugaran dengan restoran yang tergabung di dalamnya. Seluruh kolam renang yang tersedia memiliki fasilitas air hangat dengan harga Rp 40.000 pada saat hari kerja serta Rp 50.000 pada Sabtu dan Minggu. Wawancara kepada 5 orang pengunjung dilakukan untuk mengetahui kualitas layanan yang dimiliki oleh Kolam Renang Abadi Sport Center.
Dari hasil wawancara didapatkan hasil bahwa para pengunjung mengeluhkan tentang fasilitas pendukung kolam renang yang kurang memadai dan harus segera diperbaiki. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan Kolam Renang Abadi Sport Center, sehingga kepuasan pengunjung dapat tercapai.
Untuk memperbaiki kualitas layanan Kolam Renang Abadi Sport Center, digunakan metode Penyebaran Fungsi Kualitas Dalam metode ini, digunakan alat bantu matriks Rumah Kualitas. Rumah Kualitas digunakan untuk mengidentifikasi hubungan antara keinginan pelanggan dengan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Dalam penelitian ini digunakan Service Quality sebagai alat ukur dimensi kualitas layanan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk memberikan suatu gambaran aspek-aspek relevan dari fenomena yang diteliti dari sudut pandang individu, organisasi, atau yang lainnya.
Jenis penelitian ini digunakan penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan, dan menyebarkan angket kepada 50 pelanggan Kolam Renang Abadi Sport Center.
Dari 50 kuesioner yang disebar, didapatkan hasil bahwa terdapat kesenjangan antara kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan kinerja layanan Kolam Renang Abadi Sport Center. Nilai kesenjangan terbesar berdasarkan urutan adalah dimensi keandalan (-0,09) dan bukti fisik (-0,03). Dari hasil diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pelanggan belum puas dengan kualitas layanan Kolam Renang Abadi Sport Center. Prioritas utama dalam melakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas layanan Kolam Renang Abadi Sport Center berdasarkan urutan tingkat kepentingan relatif yang memiliki nilai di atas 5% adalah air kolam renang disaring setiap hari (7,14), terdapat aturan dan tata tertib yang jelas (7,14), kamar mandi dibersihkan sesuai standar kebersihan (7,14), menyediakan kloset duduk yang kondisinya baik dan bersih (7,14), menyediakan pancuran air untuk mandi (shower) yang baik (7,14), menyediakan lemari yang memiliki kunci (locker) (7,14), dan fasilitas yang tersedia selalu dirawat dengan baik (7,14).