Abstract:
Perkembangan industri otomotif di Indonesia sangat cepat dan cenderung meningkat tiap tahunnya, seiring dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat akan sarana transportasi yang memadai. Pesatnya permintaan sepeda motor di Indonesia menarik produsen sepeda motor dari berbagai negara untuk memasuki industri sepeda motor di Indonesia. Dari banyaknya produsen sepeda motor dari berbagai negara yang datang ke Indonesia, salah satunya adalah produsen sepeda motor TVS. Berdasarkan data market share penjualan sepeda motor di Indonesia bulan Januari-Oktober 2017 oleh AISI (Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia), TVS sebagai produsen sepeda motor asal India menduduki posisi terakhir dengan market share sebesar 0.02% di Indonesia. Maka penulis melakukan preliminary research dengan mewawancarai 32 orang konsumen yang mengetahui tentang sepeda motor TVS, hasilnya seluruh responden tidak memiliki niat beli terhadap sepeda motor TVS. Alasan mereka tidak memiliki niat beli karena mereka tidak memiliki kepercayaan pada merek sepeda motor TVS (brand trust) dan ragu karena melihat asal negaranya (country of origin).
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh persepsi konsumen atas brand trust dan country of origin terhadap niat beli sepeda motor TVS. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas (X) yaitu brand trust dan country of origin dan variabel terikat (X) yaitu niat beli.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif untuk menjelaskan fenomena yang terjadi. Untuk pengambilan sampel penelitian, penulis menggunakan judgment sampling dengan kriteria responden merupakan konsumen sepeda motor dan mengetahui tentang sepeda motor TVS dengan jumlah 120 responden. Kemudian dilakukan pengujian dengan menggunakan analisis regresi linear berganda sebagai bentuk analisis kuantitatif.
Dari hasil pengolahan data kuantitatif diperoleh hasil bahwa kedua variabel independen, yaitu brand trust dan country of origin berpengaruh signifikan terhadap niat beli. Koefisien-koefisien beta kedua variabel tersebut bernilai positif yang mengindikasikan hubungan yang positif antar variabel independen brand trust dan country of origin terhadap variabel dependen niat beli. Semakin tinggi nilai brand trust dan country of origin maka akan semakin tinggi niat beli sepeda motor TVS. Selanjutnya, pembahasan yang lebih dalam akan dilakukan dalam bab-bab skripsi ini.