Analisa pengaruh Personal Selling dan Public Relations terhadap niat beli kredit usaha mikro Bank Mandiri Wilayah Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anggawidjaja, Agus Hasan Pura
dc.contributor.author Alifianto, Ivan
dc.date.accessioned 2019-06-25T01:37:31Z
dc.date.available 2019-06-25T01:37:31Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp37377
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8220
dc.description 23413 - FE en_US
dc.description.abstract Bank merupakan lembaga keuangan yang memiliki kewenangan untuk menghimpun dana, menyalurkan dana, dan memberikan jasa bank lainnya. Bank memiliki banyak jasa yang dapat ditawarkan dan salah satunya adalah kredit untuk UMKM. Berdasarkan data yang dari Bank Indonesia, perkembangan kredit UMKM di Indonesia telah mengalami peningkatan dari 552.226 miliar rupiah total kredit yang disalurkan pada tahun 2012 menjadi 990.377 miliar rupiah pada Desember 2017. Hal tersebut merupakan peluang untuk semua bank di Indonesia, salah satunya Bank Mandiri yang telah mendirikan kredit usaha mikro untuk pengusaha UMKM. Setelah kredit usaha mikro Bank Mandiri telah berjalan sekian tahun, masih terjadi penurunan jumlah kredit yang dicairkan dan jumlah nasabah dalam jangka waktu 12 bulan. Peneliti beranggapan penyebab dari penurunan tersebut adalah niat beli konsumen yang tidak stabil dan salah satu cara untuk menciptakan niat beli adalah melalui bauran promosi. Berdasarkan preliminary research yang dilakukan menunjukkan bahwa bauran promosi yang paling banyak dirasakan konsumen adalah personal selling dan public relations. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh personal selling dan public relations terhadap niat beli kredit usaha mikro Bank Mandiri di wilayah Bandung. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan eksplanatori. Penelitian ini menggunakan non-probability sampling dan judgement sampling untuk menentukan responden dan menggunakan 100 responden sebagai sampel. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitiatif untuk menjelaskan pendapat responden dan teknik analisis kuantitatif. Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa personal selling dan public relations secara simultan berpengaruh terhadap niat beli kredit usaha mikro Bank Mandiri wilayah Bandung sebesar 12%. Namun personal selling dan public relations secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap niat beli. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyarankan Bank Mandiri untuk meningkatkan personal selling dan public relations yang dilakukan untuk dapat meningkatkan niat beli konsumen. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Personal Selling, Public Relations, niat beli en_US
dc.title Analisa pengaruh Personal Selling dan Public Relations terhadap niat beli kredit usaha mikro Bank Mandiri Wilayah Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014120212
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404115401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account