Usulan perencanaan bisnis untuk Budaraa Compound dengan menggunakan Business Model Canvas

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tesavrita, Ceicalia
dc.contributor.advisor Wibowo, Cindy Marika Amalia
dc.contributor.author Suharnoko, Irvandra Alfathan
dc.date.accessioned 2019-06-12T03:43:36Z
dc.date.available 2019-06-12T03:43:36Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36699
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8139
dc.description 4684 - FTI en_US
dc.description.abstract Kota Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadi tujuan para wisatawan dengan banyak pilihan wisata yang ditawarkan, mulai dari wisata kuliner, wisata belanja, hingga wisata alam. Jumlah wisatawan yang memasuki Bandung berada pada jumlah yang tinggi. Hal tersebut menjadi kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk membuka bisnis dalam bidang kuliner maupun penginapan. Jumlah bisnis yang bergerak pada bisnis penginapan maupun restoran meningkat hingga pada akhirnya terjadi tingkat persaingan yang tinggi. Untuk mengatasi persaingan tersebut dibutuhkan suatu perencanaan bisnis baru yang sesuai untuk digunakan pada bisnis tersebut. Perencanaan bisnis baru yang dibutuhkan tersebut dapat digambarkan dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC). Berdasarkan hal tersebut maka Budaraa Compound yang sedang mengalami persaingan yang ketat harus merancang perencanaan bisnis. Pada perusahaan Budaraa Compound yang terdiri dari dua bisnis unit yang terdiri dari Budaraa Bed and Breakfast yang bergerak pada bisnis penginapan dan Kozi Coffee yang bergerak pada bisnis kedai kopi mengharuskan untuk membuat dua buah perencanaan bisnis yang harus disesuaikan satu sama lainnya. Pada penelitian dilakukan identifikasi BMC awal dari kedua unit bisnis Budaraa Compound. Selanjutnya dilakukan analisis Five Force Porter’s Model dan analisis Strength, weakness, opportunities, and threat. Kedua analisis tersebut dilanjutkan dengan melalukan perencanaan aspek pemasaran yang menghasilkan strategi pemasaran dengan melakukan segmenting, targeting, dan positioning yang diakhiri dengan marketing mix. Dilakukan pula perencanaan aspek operasional yang menghasilkan usulan sumber daya dan penentuan bahan baku. Perencanaan yang terkahir adalah aspek finansial yang menghasilkan usulan pelaporan keuangan beserta perkiraan laporan keungan setelah melakukan usulan. Pembahasan dari ketiga aspek yang telah dilakukan akan divisualisasikan kedalam sembilan buah blok penyusun BMC yang terdiri dari Customer Segment, Value Proposition, Customer Relationship, Key Activities, Key Resources, Key Partner, Revenue Stream, dan Cost. Budaraa Compound memiliki dua buah unit bisnis maka akan dihasilkan dua buah BMC yang kemudian perlu dilakukan evaluasi terhadap hubungan yang dapat terjalin antar kedua unit bisnis tersebut. Pada akhirnya diberikan usulan BMC untuk Budaraa Compound dengan hubungan autonomi karena pada usulan yang diberikan telah diatasi potensi untuk terjadi konflik dan juga dilakukan penentuan agar kedua unit bisnis dapat saling bersinergis melalui proses penyediaan sarapan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perencanaan bisnis untuk Budaraa Compound dengan menggunakan Business Model Canvas en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014610169
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0401128001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account