Abstract:
Penelitian ini berjudul: Analisis Budaya Organisasi Pada PT. Asuransi Kredit
Indonesia (Persero) cabang Bandung, dengan rumusan masalah: Apa tipe Budaya
Organisasi PT. Asuransi Kredit Indonesia (Persero) cabang Bandung pada saat
ini? Apa tipe Budaya Organisasi PT. Asuransi Kredit Indonesia cabang Bandung
yang diharapkan di masa mendatang? Apa tindakan perubahan yang dapat
dilakukan oleh PT. Asuransi Kredit Indonesia cabang Bandung? Maksud dari
penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang Budaya Organisasi
pada PT. Asuransi Kredit Indonesia cabang Bandung.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dan
mendeskripsikan budaya organisasi PT. Asuransi Kredit Indonesia cabang
Bandung dengan menggunakan instrumen OCAI (Organizational Culture
Assessment Instrument) yang merupakan sebuah instrumen pengukuran budaya
organisasi berdasarkan Competing Values Framework (CVF) dimana klasifikasi
budaya terbagi menjadi empat budaya organisasi, yaitu : budaya klan, budaya
adokrasi, budaya pasar, serta budaya hirarki. Instrumen ini dilakukan dengan
mengidentifikasi enam dimensi sebagai dasar dari OCAI yang meliputi:
Karakteristik Dominan, Kepemimpinan Organisasi, Pengelolaan Pegawai, Perekat
Organisasi, Penekanan Strategis, dan Kriteria Keberhasilan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ditemukan adanya persamaan antara
budaya saat ini dengan budaya yang diharapkan seluruh anggota organisasi di PT.
Asuransi Kredit Indonesia (Persero) cabang Bandung, yaitu terdapat lima dimensi
yang menggambarkan budaya saat ini dan budaya yang diharapkan adalah jenis
budaya Klan/Kekeluargaan. Sedangkan satu dimensi sisanya, yaitu kepemimpinan
organisasi menggambarkan budaya saat ini dan budaya yang diharapkan adalah
jenis budaya Hirarki/Kaku.